Dampak Hujan Lebat di Lubukbasung Picu Banyak Kerusakan

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Dampak hujan lebat yang mengguyur, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam sepanjang, Minggu (30/8) kemarin, menyebabkan banyak kerusakan dibeberapa lokasi.

Berdasarkan data dari Pusdal Ops BPBD Kabupaten Agam, kerusakan terjadi akibat banjir yang merendam beberapa ruas jalan dan merusak 1 unit warung dalam keadaan kosong di Jorong Surabayo, serta teras dan dam Mushala Nurul Ikhlas juga ikut roboh.

Kemudian merendam 5 unit rumah di Perumnas Batu Galeh, 1 unit rumah di Simpang Tembok, SMA Muhammadiyah, Mushala Shautul Bilad Jorong Surabayo dan SDN 41 Sangkir.

“Material yang mengenai fasilitas sudah mulai dibersihkan dan saat ini tim masih melakukan pembersihan di SDN 41 Sangkir,” ujar anggota Pusdal Ops BPBD Agam, Lukman kepada AMC, Senin (31/8).

Di samping itu, katanya, juga terjadi sederetan kejadian di Nagari Garagahan seperti tanah longsor di jalan kabupaten sebanyak 4 titik tepatnya di Jorong III, yang sempat menghambat akses masyarakat.

“Dengan upaya yang dilakukan tim bersama masyarakat, jalan sudah dapat dilewati kembali,” sebutnya.

Di nagari ini juga terdapat sekitar 1 hektar lahan perkebunan masyarakat yang rusak, serta amblasnya jalan lingkung nagari sepanjang 100 meter dan tersumbatnya gorong-gorong tepatnya di Jorong IV Garagahan.

“Khusus jalan amblas, gorong-gorong tersumbat serta teras dan dam mushala Nurul Ikhlas yang roboh, untuk penanganan daruratnya BPBD sudah berkoordinasi dengan pihak DPUTR Agam,” imbuh Lukman.

Kalaksa BPBD Agam, Mhd Luhtfi, menghimbau masyarakat agar tetap waspada dalam menyikapi cuaca yang mulai ekstrem, serta tidak membuang sampah ke drainase yang dapat memicu terjadinya banjir ketika intensitas hujan tinggi. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *