Menu

Masa Pandemi, Penyembelihan Hewan Qurban Meningkat di Tanjung Raya

  Dibaca : 57 kali
Masa Pandemi, Penyembelihan Hewan Qurban Meningkat di Tanjung Raya

Tanjung Raya, AMC – Masyarakat Kecamatan Tanjung Raya akan menyembelih sebanyak 443 ekor hewan qurban pada Idul Adha 1441 H.

Camat Tanjung Raya, Handria Asmi saat dikonfirmasi, kamis (30/7), mengatakan, jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya.

“Pada tahun kemaren, jumlah hewan qurban hanya sebanyak 422 ekor. Ada peningkatan 21 ekor,” ujarnya.

Handria Asmi merinci, Nagari Maninjau menyembelih sebanyak 76 ekor, Nagari Sungai Batang sebanyak 45 ekor, Nagari Tanjung Sani sebanyak 95 ekor, dan Nagari Koto Malintang sebanyak 38 ekor.

Kemudian Nagari Koto Gadang sebanyak 15 ekor, Nagari Koto Kaciak dan Paninjauan, masing-masing sebanyak 30 ekor, Nagari Duo Koto sebanyak 25 ekor, dan Nagari bayua sebanyak 82 ekor.

“Sedangkan penyembelihan kambing hanya di Nagari Maninjau dan Nagari Tanjung Sani. Masing-masing menyembelih 6 dan 4 ekor kambing,” terangnya.

Sementara itu jadwal penyembelihan kata Handria Asmi, dilakukan usai shalat Idul Adha, pada hari Jumat, (31/7). Sebagian lagi, melaksanakan pada hari Sabtu (1/8).

“Oleh sebab itu, diimbau kepada panitia qurban agar tetap melaksanakan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan. Pada saat pembagian daging qurban diharapkan tidak memakai kantong plastik, dan menyediakan tempat sampah,” ujarnya.

Pada pelaksanaan Shalat Idul Adha, masyarakat juga diminta menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, membawa sajadah pribadi dan mencuci tangan.

“Dengan demikian, kita bisa terhindar dari penyebaran dan penularan Covid-19, serta lingkungan kita bebas dari sampah,” tutupnya. (HR)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional