Menu

Idul Adha 1441 H, Warga IV Koto Sembelih 356 Ekor Hewan Qurban

  Dibaca : 87 kali
Idul Adha 1441 H, Warga IV Koto Sembelih 356 Ekor Hewan Qurban

Ampek Koto, AMC – Masyarakat Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, bakal menyembelih 356 ekor hewan qurban pada Idul Adha 1441 hijriyah.

Camat IV Koto, Ekko Espito, Kamis (30/7) menyebutkan, dari jumlah itu terdiri dari sapi sebanyak 346 ekor dan kambing 10 ekor yang tersebar di seluruh nagari, jumlah ini mengalami peningkatan di beberapa masjid dibanding tahun lalu.

“Ternak sudah diperiksa oleh petugas pengawas dan pemeriksaan kesehatan hewan qurban dari UPT Puskeswan Ambun Pagi dan Dinas Pertanian Agam,” ujarnya.

Kondisi saat ini, katanya, ada nagari yang hewan qurbannya meningkat, sehingga jadi peluang untuk membantu warga di wilayah yang daging qurbannya sedikit terutama di Kecamatan IV Koto.

“Kita sudah berkoordinasi dengan wali nagari, pengurus masjid dan panitia qurban, agar daging qurbannya dibagi supaya tidak ada warga di IV Koto yang tidak mendapatkan daging qurban,” imbuhnya.

Pelaksanaan qurban, ulasnya, tetap menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak.

Sementara itu, sebagi upaya persiapan pelaksanaan shalat Ied dan penyembelihan hewan qurban, Camat IV Koto, Ekko Espito juga melakukan monitoring ke masjid dan lokasi penyembelihan hewan qurban.

Monitoring ini, ulasnya menyikapi surat edaran Bupati Agam, dimana seluruh rumah ibadah dan tempat pelaksanaan shalat Ied harus disemprot disinfektan serta pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol kesehatan, sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Untuk mengurangi kerumunan, pelaksanaan shalat Ied tersebar di beberapa lokasi yang tahun lalu dilaksanakan terpusat satu tempat,” ujarnya. (t_m)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional