Pantau Kesehatan Hewan Qurban, Distan Agam Bentuk Tim Pengawas

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Untuk memastikan kesehatan hewan qurban, Dinas Pertanian Kabupaten Agam membentuk tim pengawas dan pemeriksa kesehatan hewan qurban.

Kasi Kesmavet, Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Iswan Hendri, Minggu (26/7) mengatakan, di Kabupaten Agam telah dibentuk sebanyak 41 orang anggota tim pengawas dan pemeriksa hewan qurban.

“Tim terdiri dari dokter hewan dan petugas paramedik veteriner yang tersebar di setiap kecamatan,” ujarnya.

Hal ini, ungkap Iswan Hendri, merupakan salah satu upaya pemerintah menjamin keamanan dan kelayakan daging hewan qurban dalam pelaksanaan ibadah hari Raya Idul Adha 1441 H, tahun 2020.

Iswan Hendri menjelaskan, personil yang dibagi menjadi 5 tim itu, memiliki tanggung jawab dibeberapa kecamatan untuk memastikan kesehatan hewan qurban.

Koordinator di Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Raya dan Tanjung Mutiara memiliki 7 anggota, koordinator di Kecamatan Palembayan dan Ampek Nagari, memiliki 8 orang anggota, di Kecamatan Matur Malalak, IV Koto memiliki 4 anggota.

Koordinator di Kecamatan IV Angkek, Canduang, Banuhampu, Sungai Pua, sebanyak 5 orang, dan koordinator di Kecamatan Kamang Magek, Tilatang Kamang, Baso, Palupuah, sebanyak 6 orang, serta 7 orang pengawas di wilayah Kabupaten Agam.

“Masing-masing tim bertugas memantau dan melakukan pengawasan, mulai dari keberangkatan hewan qurban dari daerah asal, pengangkutan, penampungan, penyembelihan, hingga pemerikasaan organ dalam hewan qurban setelah disembelih,” jelasnya. (HR)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *