Kader PKK Agam Memiliki Peran Besar DiBidang Kesehatan

  • Bagikan

Kamang Magek, AMC – Keberhasilan pelaksanaan pelayanan dibidang kesehatan, tidak lepas dari peran serta kader PKK dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Puskesmas Kamang Magek, Afnaldi, Rabu (22/7) saat monitoring evaluasi 10 program pokok PKK oleh TP-PKK Kabupaten Agam, di kantor camat setempat.

“Apa yang berkaitan dengan kesehatan, pasti PKK juga terbawa,” ujar Ketua Puskesmas se-Kabupaten Agam itu.

Menurutnya, dari 10 program PKK semuanya sangat konektif dengan kegiatan Dinas Kesehatan, mulai dari kegiatan posyandu, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), KB Kesehatan, masalah stunting dan beberapa program kesehatan lainnya.

“Bahkan, kader posyandu juga mayoritas berasal dari kader PKK. Sungguh luar biasa peran PKK bagi kemajuan kesehatan,” terangnya.

Apalagi, jelas Afnaldi, keberhasilan yang dicapai Dinas Kesehatan berkat kontribusi PKK adalah, naiknya tingkat partisipasi masyarakat dalam melakukan Gerakan Deteksi Dini Kanker Serviks (IVA Test) tahun 2020.

“Target akseptor kita hanya 1.212, naik menjadi 1.574 orang. Ini membuktikan bahwa peran PKK cukup besar terhadap capaian tersebut,” ujarnya.

Oleh sebab itu, melalui dana nagari, pihaknya selalu mendukung dan memperjuangkan dana untuk kegiatan PKK.

“Melalui Musyawarah Nagari (Musna) tahun ini, dana untuk PKK sudah kita sisipkan. Semoga kerjasama ke depan bisa berlanjut,” harapnya. (Finand)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *