Penyembelihan Hewan Qurban di Agam Tahun Ini Diprediksi Meningkat

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Dinas Pertanian Kabupaten Agam, memprediksi penyembelihan hewan pada Idul Adha 1441 Hijriyah meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Kasi Kesmavet Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Iswan Hendri via ponsel, Sabtu (27/6) menyebutkan, penyembelihan hewan qurban pada Idul Adha tahun ini diprediksi sebanyak 5.681 ekor, terdiri dari 5.496 ekor sapi dan 185 ekor kambing.

“Jumlah ini meningkat dibanding 2019 yang hanya 5.615 ekor, terdiri dari 5.441 ekor sapi dan 174 ekor kambing,” ujarnya.

Ia menyebutkan, setiap kecamatan ada yang naik dan juga menurun jumlah hewan qurbannya. Tetapi jumlah kecamatan yang menyembelih kambing diprediksi menurun tahun ini.

“Tahun lalu menyembelih kambing sebanyak 13 kecamatan dan tahun ini diprediksi berkurang menjadi 10 kecamatan,” terang Iswan.

Menurutnya, berkurangnya jumlah pemotongan kambing karena faktor kurang diminati, karena tidak semua masyarakat yang menyukai dan pandai memasak daging kambing.

Lebih jauh Iswan mengatakan, sepekan menjelang hari H atau Idul Adha 1441 Hijriyah, Dinas Pertanian Agam bakal menurunkan tim pengawasan dan pemeriksaan ke seluruh nagari untuk memeriksa kesehatan hewan yang akan disembelih pada Idul Adha 1441 H.

“Mereka nanti akan memastikan hewan qurban yang akan dipotong dalam keadaan sehat,” sebutnya.

Mengingat saat ini masih pandemi Covid-19, pihaknya nanti juga bakal menyurati masyarakat terutama panitia qurban, agar saat penyembelihan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker dan jaga jarak. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *