Menu

Penanganan Covid-19, Lembaga Pengumpul Zakat Pakan Sinayan Siap Berperan

  Dibaca : 166 kali
Penanganan Covid-19, Lembaga Pengumpul Zakat Pakan Sinayan Siap Berperan

Banuhampu, AMC – Lembaga Pengumpul Zakat Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam siap membantu masyarakat terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), terutama yang masuk kategori penerima zakat.

Dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan, Rabu (15/4), antara Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 nagari bersama pengurus Lembaga Pengumpul Zakat, menyepakati dana zakat yang telah dan akan dihimpun bakal dialokasikan untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19.

Ustadz Zon Efendi selaku Ketua Lembaga Pengumpul Zakat Pakan Sinayan menyebutkan, masyarakat masuk kategori asnaf delapan berhak mendapatkan zakat. Untuk itu, pihaknya akan menyalurkan dana yang ada dan bakal terus menghimpun zakat mal dari muzakki semaksimal mungkin.

“Sampai saat ini zakat terhimpun sekitar Rp 18 juta,” ujarnya.

Disebutkan, jika tahun sebelumnya zakat terkumpul disalurkan untuk beasiswa, modal usaha, serta bantuan produktif lainnya, maka tahun ini disalurkan khusus bagi masyarakat terdampak Covid-19 yang masuk kategori.

Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Pakan Sinayan, Hendri Supatman Dt. Kayo Nan Kuniang menuturkan ucapan terimakasih kepada Lembaga Pengumpul Zakat atas komitmennya tersebut. Mengingat kemampuan pemerintah yang terbatas dan tanggap darurat wabah Covid-19 juga tidak dapat diprediksi kapan berakhirnya.

Pemerintah Nagari Pakan Sinayan melalui Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 nagari terus berupaya mendorong segala potensi yang ada di nagari, untuk membantu dan meringankan beban masyarakat yang terdampak virus corona tersebut.

“Pemerintah nagari sebelumnya telah menghimpun dana dari perantau untuk pengadaan sembako dan merangkul pengusaha konveksi untuk menyediakan APD,” ujarnya.

Menurut Hendri Supatman yang juga Wali Nagari Pakan Sinayan, potensi nagari selanjutnya yang dapat berperan untuk ikut serta penanganan dampak corona adalah Lembaga Pengumpul Zakat nagari, supaya masyarakat betul-betul terperhatikan saat Covid-19 ini mewabah. (t_m)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional