Menu

Di Tengah Covid-19, Agam Menyemai Solusi Memenuhi Kebutuhan Pangan Masyarakat

  Dibaca : 244 kali
Di Tengah Covid-19, Agam Menyemai Solusi Memenuhi Kebutuhan Pangan Masyarakat

Palupuah, AMC – Masyarakat Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, sangat berterima kasih kepada Pemkab Agam, khususnya Bupati Agam Dr H Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, terkait dengan program Agam mlMenyemai yang telah dicanangkan di Kabupaten Agam.

Agam Menyemai adalah salah satu program cerdas yang dibuat oleh Bupati Agam, Dr H Indra Catri Dt Malako Nan Putiah beberapa tahun yang lalu, untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sehari-hari.

Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arfin mengatakan, saat ini program Agam Meyemai, sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Di tengah kondisi wabah Covid-19 saat ini, program Agam .enyemai sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” ujarnya, Kamis (9/4).

Dalam inovasi cerdas yang dibuat oleh Bupati Agam, menganjurkan masyarakat untuk menanam tanaman dan sayur-sayuran serta membuat kolam ikan, di halaman rumah masing-masing.

“Alhamdulillah, kondisi saat sekarang ini, yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan social distancing dan physical distancing, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, warga tidak perlu lagi khawatir akan kebutuhan panganya,” jelasnya.

Karena, kebutuhan pangan masyarakat akan bisa terpenuhi dengan hasil dari tanaman dan sayur-sayuran serta kolam ikan yang ada di perkarangan rumahnya.

“Di Nagari Pasia Laweh, masyarakat juga melakukan subsidi silang pangan, karena di setiap rumah warga memiliki tanaman yang berbeda-beda,” jelasnya.

Untuk memenuhi dan melengkapi kebutuhan pangan, warga melakukan barter hasil panen demi melengkapi kebutuhan panganya.

“Ada warga yang hanya memiliki padi, tapi tidak memiliki kelapa, maka warga yang memiliki kelapa dan tidak memiliki padi, akan saling melengkapi satu sama lainya. Begitu juga dengan kebutuhan-kebutuhan yang lain, seperti cabai, bawang, sayur-sayuran dan lain sebagainya,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Agam Menyemai adalah solusi yang pas, dalam menghadapi Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan pangan.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional