Palembayan Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional tingkat Agam ke-39

  • Bagikan

Palembayan, AMC — Kecamatan Palembayan siap menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional tingkat Kabupaten Agam ke-39, yang digelar Maret 2020.

Camat Palembayan, Ridwan menyebutkan bahwa pihaknya optimis bisa menjadi tuan rumah MTQ ini dengan baik. Berbagai sarana prasarana sudah disiapkan untuk kesuksesan acara tersebut.

“Saat ini kita sudah menyediakan pemondokan kafilah untuk 10 kecamatan yang ditempatkan di rumah warga. Masing-masing kecamatan dua pemondokan,” ujarnya.

Sedangkan untuk enam kecamatan lainnya sudah di survey dan akan dievaluasi bersama pihak kabupaten, Jum’at (24/1).

Menurutnya, pemondokan yang sudah ada dinilai layak untuk ditempati kafilah dan pemilik rumahpun bersedia rumahnya ditempati. Namun dikatakan Ridwan, untuk semuanya kabupaten yang menentukan.

“Tetapi bagi kita di Palembayan ini sudah sangat layak. Selain sumber air yang cukup, juga memiliki penerangan dari listrik dan jaringan telfon,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyediakan piala, serta penentuan panggung utama yang ditetapkan di lapangan SMAN 1 Palembayan. Bahkan tuan rumah bakal menampilkan silek kolosal untuk memeriahkan pembukaan MTQ tingkat Agam ke-39 ini.

Dengan demikian, Ridwan mengharapkan masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan festival keagamaan ini, supaya MTQ dapat terlaksana dengan baik seperti yang diharapkan.

Terpisah, Kabag Kesra Setda Agam, Surya Wendri menyebutkan, dari jumlah pemondokan yang sudah di survey, hanya untuk sembilan kecamatan yang dikatakan layak. Sedangkan hari ini pihak kecamatan masih melakukan survey untuk pemondokan kecamatan lainnya.

“Hasil survey ini akan kita evaluasi Jum’at (24/1). Kita berharap hasilnya tidak jauh berbeda dari pemondokan yang sudah ada,” tukasnya.

Menurutnya, pemondokan yang dikatakan layak memiliki sumber air, daya tampung, penerangan, tempat parkir dan kebersihan. Sedangkan untuk panggung utama ditetapkan di lapangan SMAN 1 dan lokasi acara sebanyak 14 lokasi. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *