Menu

Terbaik di Provinsi, PKK Agam “Diserbu” PKK Se-Sumatera Barat

  Dibaca : 131 kali
Terbaik di Provinsi, PKK Agam “Diserbu” PKK Se-Sumatera Barat

AMCNews.co.id — TP-PKK Kota Sawahlunto dan TP-PKK Kabupaten Sijunjung datang bertukar informasi ke Luhak Agam, Rabu (20/11).

TP PKK Kabupaten Agam semakin sering dikunjungi daerah lain karena meraih juara 1 tingkat provinsi tahun 2019 yaitu Kelompok Dasawisma Bougenville yang berada di Nagari Sariak Kecamatan Sungai Puar dan juara 1 provinsi lomba Tertib Administrasi di Nagari Balai Gurah Kecamatan Ampek Angkek.

Kunjungan itu dilaksanakan diwaktu bersamaan dengan masing-masing daerah membawa 100 orang kader. Sekitar pukul 10.00 WIB, tim TP PKK Kota Sawahlunto tiba di Nagari Sariak untuk melihat implementasi pelaksanaan Kelompok Dasawisma.

Rombongan datang disambut oleh Ketua TP PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri, didampingi Camat Sungai Puar dan Wali Nagari Sariak serta kader Dasawisma se-Nagari Sariak.

Terpisah, TP PKK Kabupaten Sijunjung juga berkunjung ke Nagari Balai Gurah untuk bertukar informasi mengenai tertib administrasi tentang pelaksanaan program PKK. Disana, rombongan disambut Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Agam, Ny. Candra Trinda Farhan, Camat Ampek Angkek dan Wali Nagari Balai Gurah.

Hampir 3 jam melakukan kunjungan dimasing-masing nagari, dua daerah yang dikenal sebagai kota batu bara dan kabupaten lansek manih itu diundang Bupati Agam Dr. Indra Catri untuk makan siang bajamba di Mess Pemda Belakang Balok, Bukittinggi.

Usai makan bersama, bupati juga menyuguhkan dan mengajak rombongan untuk berwisata ke beberapa objek wisata terkenal, seperti Lawang Park, Puncak Lawang dan beberapa objek wisata lainnya.

Sebelum itu, Ketua Tim Rombongan, Ny. Ped mengatakan kunjungan kerja bertujuan untuk berbagi pengalaman dan mencari ilmu tentang implementasi pelaksanaan Kelompok Dasawisma yang cukup sukses di Kabupaten Agam.

“Karena Agam daerah berprestasi maka kita ingin menggali informasi dan pengetahuan mengenai kiat-kiat pelaksanaan 10 program pokok PKK, khususnya implementasi Kelompok Dasawisma,” katanya.

Ny. Ped yang juga sebagai Ketua Pokja III Kota Sawahlunto, juga memberikan apresiasi terhadap berbagai kegiatan yang dilaksanakan TP PKK Kabupaten Agam dalam menggerakkan kader Dasawisma untuk memajukan pelaksanaan 10 program pokok PKK.

“Kita berharap ilmu yang didapat nantinya akan diadopsi untuk diaplikasikan oleh kader PKK di Sawahlunto,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri mengapresiasi sekaligus menyambut baik atas kunjungan tersebut.

“Kunjungan ini diharapkan menjadi media untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan dalam mengelola PKK di daerah masing-masing. Alhamdulillah, awal bulan ini kita juga sudah dikunjungi oleh Ibu Gubernur Sumatera Utara, sebelumnya PKK Kota Padang Panjang dan Kota Padang, ” ujar istri orang nomor satu di Agam itu sembari tersenyum dalam sambutannya.

“Insya Allah, pada tanggal 23 dan 26 November ini giliran PKK Pesisir Selatan dan Kabupaten Padang Pariaman berkunjung ke Agam,” Ny Vita menambahkan.

Keberhasilan yang diraih PKK Agam, jelas Ny. Vita, tidak lepas dari kepedulian dan dukungan seluruh instansi, sehingga program PKK bisa berjalan dengan baik.

“Komitmen bupati dan wakil bupati serta jajarannya sangat luar biasa kepada PKK. Termasuk menginstruksikan kepada para wali nagari agar menaiki anggarannya kepada setiap PKK nagarinya, sehingga pelaksanaan pembinaan PKK bagi masyarakat lebih optimal,” ujar Ny. Vita.

Selain itu, kunci keberhasilan dilakukan dengan cara mengoptimalkan dan mengaktifkan kader dasawisma disetiap nagari untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya berupa tanaman yang lebih bernilai ekonomis.

“Apabila kita sering melakukan pembinaan ke lapangan, maka dengan sendirinya masyarakat tumbuh kesadaran untuk memanfaatkan lahan pekarangan, sebab hasil dari pemanfaatannya sudah bisa menjadi alternatif meningkatkan ekonomi keluarga,” tandas Ny. Vita. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional