Menu

Pemkab Agam Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-91

  Dibaca : 132 kali
Pemkab Agam Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-91

AMCnews.co.id — Pemerintah Kabupaten Agam menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019, di halaman kantor Bupati Agam, Senin (28/10). Bertindak selaku irup adalah Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri.

Dikesempatan ini, Bupati Agam membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga. Dalam amanatnya menyebutkan Hari Sumpah Pemuda ke-91 mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diangkat untuk menegaskan kembali komitmen yang telah diikrarkan oleh para pemuda pada 1928 dalam sumpah pemuda.

“Tema yang diangkat sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi suatu keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi dan lainnya, ” ujarnya.

Menurutnya, saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir serba cepat, instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik. Sehingga dengan canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya mengakses media sosial, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, budaya dan agama.

Namun, dibutuhkan pemuda tangguh yang dapat membendung dampak negatif yang ditimbulkan dari media sosial itu, dengan memfilter melalui ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

“Di sini lah diharapkan peran pemuda agar dapat bersaing dalam bentuk hal yang positif. Pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia,” imbuhnya.

Disebutkan bahwa kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya, kalau masa depan itu sekedar dipandang sebagai proses lanjutan dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya. Namun dituntut sikap generasi muda untuk merespon kemajuan dengan kearifan, dan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya.

Apabila pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu. Berjuanglah, lahirkan ide-ide, tekad dan cita-cita. Pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam merubah dunia,” tuturnya. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional