Menu

118 Calon Walnag Akan Bertarung di Pilwana Serentak 2019

  Dibaca : 56 kali
118 Calon Walnag Akan Bertarung di Pilwana Serentak 2019

AMCNews.co.id — Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Agam Teddy Martha mengatakan, sebanyak 118 calon wali nagari maju pada Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak yang akan dilaksanakan pada November 2019.

“Ke-118 calon wali nagari itu telah ditetapkan oleh panita Pilwana di 29 nagari yang tersebar di 14 dari 16 kecamatan,” kata Teddy saat dikonfirmasi via ponsel, Jumat (4/10) di Lubuk Basung.

Teddy menjelaskan, 118 calon wali nagari itu maju di Pilwana Bayua tiga orang, Koto Gadang Anam Koto empat orang, Pilwana Koto Kaciak lima orang, Pilwana Maninjau tiga orang, Pilwana Kampuang Pinang lima orang, Pilwana Malalak Selatan dua orang

Kemudian, Pilwana Kampuang Tangah lima orang, Pilwana Lubuk Basung lima orang, Pilwana Manggopoh tiga orang, Pilwana Matua Mudik empat orang, Pilwana Panta Pauah lima orang, Pilwana Batu Taba empat orang.

Sedangkan Pilwana Ampang Gadang tiga orang, Pilwana Pasia tiga orang, Pilwana Padang Tarok lima orang, Pilwana Simarasok lima orang, Pilwana Koto Tinggi empat orang, Pilwana Kamang Mudiak lima orang, Pilwana Koto Tangah lima orang, Pilwana Bukik Batabuah empat orang.

Pilwana Canduang Koto Laweh lima orang, Pilwana Tiku Lima Jorong lima orang, Pilwana Tigo Koto Silungkang empat orang, Pilwana Cingkariang lima orang.

Dilanjutkan Pilwana Sungai Landia tiga orang, Pilwana Guguk Tabek Sarojo tiga orang, Pilwana Malalak Utara empat orang, Pilwana Ampek Koto Palembayan tiga orang dan Pilwana Pagadih empat orang.

“Dari 118 orang calon wali nagari yang maju, 15 orang diantaranya adalah petahana,” ujar Teddy.

Ia menambahkan, tahapan Pilwana saat ini menginput daftar pemilih tetap ke dalam sistem e-voting oleh tim teknis (21 September sampai 26 Oktober 2019). Setelah itu minggu tenang selama tiga hari dan pemungutan suara dalam enam gelombang.

Teddy merinci, tahap pertama pada 4 November 2019, tahap ke-dua pada 7 November 2019, tahap ke-tiga 11 November 2019, tahap ke-empat 14 November 2019, tahap ke-lima 19 November 2019 dan tahap ke-enam 25 November 2019.

“Untuk pemungutan suara kita lakukan bertahap, hal ini karena jumlah peralatan e-voting masih kurang. Namun untuk jadwal pelantikan rencananya akan dilakukan pada 23 Desember tahun ini,” pungkasnya. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional