Menu

Kantor Wali Nagari Lubuk Basung Diresmikan, Bupati: Jadikan Tempat Menyatukan Pikiran

  Dibaca : 581 kali
Kantor Wali Nagari Lubuk Basung Diresmikan, Bupati: Jadikan Tempat Menyatukan Pikiran

AMCNews.co.id — Sudah lama diidamkan masyarakat, akhirnya pemakaian Kantor Wali Nagari Lubuk Basung senilai Rp1,5 miliar, resmi digunakan.

Pembangunan kantor yang baru selesai pada awal 2019 itu diresmikan langsung oleh Bupati Agam Dr. Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita, Rabu (3/7).

Turut mendampingi Sekretaris Daerah Martias Wanto, Dt. Maruhun bersama puluhan tokoh masyarakat Lubuk Basung beserta masyarakat setempat.

Dalam momen itu, juga dilaksanakan acara halal bi halal segenap jajaran pegawai Nagari Lubuk Basung dengan masyarakat.

Tokoh masyarakat Lubuk Basung Dt. Asalabiah, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan diresmikannya pemakaian Kantor Wali Nagari Lubuk Basung yang representatif oleh Bupati Agam.

“Keberadaan kantor ini sudah lama kami idamkan dan cita-citakan. Karena sudah sekian puluh tahun ditunggu dan saat ini baru terealisasi kantor yang representatif,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Wali Nagari Lubuk Basung, Darma Ira Putra.

“Sebagai pemegang amanah di kenagarian, kami mengucapkan apresiasi kepada masyarakat Lubuk Basung atas partisipasinya dalam mengawal serta memberikan bantuan sehingga selesainya pembangunan kantor wali nagari,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Agam Dr. Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah mengharapkan, keberadaan kantor wali nagari tidak hanya wadah memerintah namun hakikatnya merupakan tempat berkumpul-kumpul dalam memecahkan permasalahan sanak kemenakan.

“Karena pemerintahan nagari adalah pemerintahan berdasarkan musyawarah. Oleh sebab itu, jadikan sebagai alat pemersatu pikiran bukan hanya sekedar tempat mengurus surat administrasi lainnya,” ujar bupati.

Dalam tatanan pemerintahan, kata bupati, ada dua hal yang harus terpenuhi. Pertama, pemerintah untuk merukunkan dan menertibkan masyarakat, kedua, mensejahterakan dan kemaslahatan umat.

“Tau di rantiang nan ka manyucuak. Seperti masalah orgen, masih juga menjadi persoalan yang vital di Lubuk Basung. Maka disinilah letak fungsi pemerintahan nagari sebenarnya. Bagaimana peran pemerintah untuk menyelesaikannya,” pungkas bupati.

Usai peresmian kantor wali nagari, bupati bersama rombongan ninik mamak dan tokoh masyarakat langsung makan bajamba. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional