Pemkab Agam Minta Nagari Prioritaskan Dana Desa untuk Pemberdayaan Ekonomi

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Pemerintah Kabupaten Agam mengupayakan dana desa/nagari diprioritaskan untuk pemberdayaan ekonomi nagari berbasis ekonomi lokal.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Martias Wanto, saat membuka kegiatan Rakor wali nagari se-Agam dengan Polres Agam dan Polres Bukittinggi, Rabu (12/6) di aula kantor bupati setempat, Lubuk Basung.

Hal itu dilakukan karena selama ini pemanfaatan dana desa/nagari cenderung digunakan untuk pembiayaan kegiatan fisik atau infrastruktur nagari.

Untuk mengembangkan usaha kerakyatan sebut Martias bisa dimulai dengan memanfaatkan potensi yang ada baik pertanian, perkebunan maupun usaha kerajinan. Dengan begitu nagari tidak hanya sekedar menghabiskan anggaran tapi bisa menambah penghasilan untuk modal usaha sehingga desa tersebut bisa lebih mandiri.

“Kami harapkan, hal ini dapat menggerakkan perekonomian masyarakat nagari,” ujar sekda.

Contohnya kata Sekda dengan memberi penyertaan modal bagi Badan Usaha Milik Desa/Nagari (BUMDes/Nag) dan sektor-sektor ekonomi lainnya yang berkembang di nagari tersebut. Sekda meyakini, hal ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di nagari tersebut.

Apalagi, menurut sekda, seiring perkembangan teknologi informasi, upaya lainnya juga dapat ditempuh dengan mendorong produk-produk lokal yang ada di suatu nagari untuk memiliki nilai lebih.

Pemerintah nagari juga dapat membantu menghubungkan produsen setempat dengan konsumennya melalui media daring atau lewat pemasaran online. (AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *