Canangkan Bulan Bakti Dasawisma 2019, Bukti Esensi PKK Sebagai Mitra Pemerintah

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Bupati Agam yang diwakili Sekretaris Daerah Martias Wanto, canangkan kegiatan Bulan Bakti Dasawisma tingkat Kabupaten Agam tahun 2019, Selasa (19/3), di Lapangan Kantor Walinagari Sungai Puar Kecamatan Sungai Puar.

Pencanangan itu ditandai dengan pemukulan tambua oleh Sekda Agam, Martias Wanto dan Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri bersama Camat Sungai Puar, Syafrizal. Turut dihadiri juga anggota DPRD Agam, Feri Adrianto dan Aderia.

Kemudian disela itu juga diresmikan gerakan ibu-ibu kader PKK cinta lingkungan dengan mengurangi limbah plastik di rumah.

Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri, mengatakan, pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan semangat kerja para kader PKK dan Dasawisma dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga.

“Pelaksanaan Bulan Bhakti Kelompok Dasawisma tingkat Kabupaten Agam dimulai setiap bulan Maret tiap tahunnya,” ujarnya.

Terkait hal itu, Ny. Vita menjelaskan Kelompok Dasawisma di Agam telah berjalan dengan maksimal. Hal itu terlihat dari jumlah kelompok Dasawisma yang ada di Agam telah mencapai 4.677 kelompok.

Untuk itu, dalam meningkatkan kemauan dan kemampuan kader PKK terutama kelompok Dasawisma, perlu dilaksanakan pembinaan dan bimbingan terpadu yang berkesinambungan secara bertahap.

“Salah satu upaya yang sedang kita gerakkan saat ini adalah pengurangan sampah plastik rumah tangga, hal ini bertujuan untuk meminimalisir dampak plastik bagi lingkungan,” ujarnya.

Sekda Agam Martias Wanto mengapresiasi penyelenggaraan pencanangan Bulan Bakti Dasawisma Kabupaten Agam yang berlangsung meriah dengan melibatkan UKM untuk bersinergi dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini membuktikan esensi PKK dan Dasawisma sebagai mitra pemerintah dalam membantu kelancaran program pemerintah terutama peningkatan kesejahteraan keluarga, pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan perempuan,” ujar sekda.

Sebagai ujung tombaknya PKK, apabila Dasawisma mwnjalankan tugasnya dengan baik, maka masyarakat sehat, maju dan sejahtera mudah diwujudkan.

Oleh sebab itu, sekda mengharapkan Kelompok Dasawisma harus berlomba-lomba meningkatkan kualitas kelompoknya seperti, menghijaukan perkarangan disekitar rumah dengan menanam tanaman toga, sayuran dan buah-buahan hal ini sejalan dengan Program “Agam Menyemai”.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Ny. Eva Martias Wanto, mengatakan kegiatan Bulan Bakti Dasawisma dihadiri oleh 300 orang yang terdiri dari camat, ketua TP-PKK kecamatan, ketua TP-PKK nagari dan anggota kelompok Dasawisma Bougenville Nagari Sariak Kecamatan Sungai Puar.

Terkait hal itu, Ny. Vita menyebutkan, kegiatan Bulan Bakti Dasawisma tahun ini membuka stand pameran, yang diisi oleh pelaku-pelaku UKM dari 16 kecamatan, melaksanakan rekam e-KTP, penyerahan bibit bantuan bagi kader yang masuk enam nominasi.

“Kita ingin sinergisitas ini tetap terbangun demi keberlangsungan pembangunan Kabupaten Agam,” tukasnya. (AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *