Menu

Konsultasi dan Audiensi Kebencanaan, Tim StIRRRD UGM Kunjungi Agam

  Dibaca : 182 kali
Konsultasi dan Audiensi Kebencanaan, Tim StIRRRD UGM Kunjungi Agam

AMCNews.co.id — Tim Strengthened Indonesia Resillience Reducing Risk From Disasters (StIRRRD) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Wahyu Wilopo dan Arry Retnowati, melakukan audiensi dan konsultasi tentang Penguatan Ketangguhan Indonesia melalui Pengurangan Risiko Bencana, Kamis (31/1) di ruang Kalaksa BPBD Agam di Lubuk Basung.

Turut mendampingi, Sekretaris BPBD Nelfendri, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Yunaidi.S, Kabid Kedaruratan dan Logistik Wahyu Bestari.

Kepala Pelaksana BPBD Agam Mhd. Lutfi, mengatakan, kunjungan dua orang Tim StIRRRD UGM tersebut, dalam rangka audiensi sekaligus konsultasi terkait kerjasama antara UGM dan GNS Science Selandia Baru yang didukung oleh Kementerian Perdagangan dan Luar Negeri Selandia Baru yang telah dilaksanakan dan dikembangkan di Agam semenjak tahun 2014 sampai sekarang.

“Mereka ingin melihat sejauh mana regulasi dan kerjasama yang dilakukan sebelumnya terhadap kelompok rentan penerima bantuan Oxfam dan SKPD terkait, serta kelanjutan program mitigasi kebencanaan di daerah rawan bencana,” ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Lutfi menyebutkan, sebagai daerah yang rentan bencana, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekaligus membentuk Kelompok Siaga Bencana (KSB) nagari dan kelompok Siaga Bencana Sekolah (KSBS) disetiap sekolah yang berada diwilayah rawan bencana.

“Kita lakukan terus penguatan kapasitas bagi anggota KSB dan masyarakat termasuk pembinaan KSB berbasis kaum,” ujarnya.

Pasalnya, Agam rentan sangat rentan terhadap bencana alam. Mengakibatkan, hampir 70% risiko bencana merusak bangunan infrastruktur dan pemukiman masyarakat.

“Kita berharap ke depannya UGM dan NGO terus membantu kita dalam kegiatan penguatan ketangguhan dalam pengurangan resiko bencana,” harapnya. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional