Menu

Kekurangan Fasilitas DLH Agam Gaet DAK Pusat

  Dibaca : 162 kali
Kekurangan Fasilitas DLH Agam Gaet DAK Pusat

AMCnews.co.id. Pemkab Agam membutuhkan 29 unit dump truck sampah dan 340 unit kontainer untuk mengoptimalkan pembuangan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Seperti dijelaskan Kabid. Pengendalian Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun Dinas Lingkungan Hidup Agam, Azwir bahwa saat ini DLH Agam hanya memiliki 11 unit dump truck dan 60 unit kontainer, jumlah ini sangat jauh dari yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan pelayanan sampah pada masyarakat.

“Jika dilihat luasnya Kabupaten Agam, setidaknya kita membutuhkan 40 unit dump truck dan 400 unit kontainer,” ujar Azwir, di Lubuk Basung, Jum’at, (28/12).

Disebutkan, pihaknya sudah mengusulkan penambahan pada 2018, sehingga berhasil mendapatkan bantuan dana melalui DAK pusat sebesar Rp.1,3 miliar untuk penambahan tiga unit dump truck, satu unit truck skylift dan perbaiki lampu jalan yang rusak.

Selain truck dan kontainer, DLH Agam juga kekurangan petugas kebersihan yang saat ini miliki 60 orang dari 400 orang yang dibutuhkan, pihaknya juga akan berupaya untuk penambahan kekurangan petugas tersebut.

“Sementara untuk 2019 DLH Agam juga mendapatkan DAK Rp.400 juta untuk pengadaan satu unit lagi dump truck,” sebutnya.

Dijelaskan, pengadaan truck nanti akan dilakukan dengan sistem e-katalog seperti pengadaan 2018. Pihaknya akan terus berupaya mengajukan penambahan dump truck dan kontainer agar kebutuhan terpenuhi.

Dengan cara ini, menurut Azwir pelayanan pengangkutan sampah bisa dilakukan secara maksimal diseluruh permukiman dan pasar di daerah itu, karena saat ini pelayanan sampah hanya dibeberapa kecamatan dan pasar dengan jumlah sekitar 300 ton per hari.- (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional