Penuhi Kriteria, Ngarai Sianok-Maninjau Dipilih Sebagai Kawasan Geopark Nasional

  • Bagikan

AMCNews.co.id. Bupati Agam Indra Catri, menerima sertifikat Geopark Nasional Indonesia dari Menteri Pariwisata RI, Arif Yahya, terkait keberadaan Ngarai Sianok-Maninjau yang masuk Kawasan Cagar Alam Geologi (KCAG), Jum’at (30/11) di Bogor.

Selain itu, daerah lain di Indonesia yang juga menerima Geopark Nasional tahun 2018, yaitu, Pongkor, Karangsambung-Karangbolong, Meratus-Kalimantan Selatan, Ranah Minang Silokek, Sawahlunto, Natuna dan Banyuwangi.

Diterimanya sertifikat bergengsi itu setelah memenuhi persyaratan administratif dan teknis sebagai Geopark Nasional Indonesia dan berkomitmen untuk mengembangkan kawasan Geopark berdasarkan konsep konservasi, edukasi, dan pemberyaan sosial ekonomi masyarakat.

Kepala Bappeda Kabupaten Agam, Welfizar, saat dimintai keterangan via ponsel, tadi siang, mengatakan, terpilihnya Nagari Sianok-Maninjau sebagai kawasan Geopark karena berdasarkan pemenuhan pada geologi bentang alam, struktur kelembagaan, penafsiran dan pendidikan lingkungan, geowisata dan pengembangan regional berkelanjutan.

“Hasil ini setelah dilakukan penilaian dan kajian oleh 12 tim penilai yang berasal dari akademisi, kementerian dan pakar Geopark,” ujar Welfizar.

Disebutkan, sertifikat Geopark Nasional ini akan lebih meningkatkan komitmen para pemangku kepentingan, agar keunikan, keberagaman sumber daya hayati, ekosistem dan nilai sejarah warisan geologi yang ada di kawasan Ngarai Sinaok-Maninjau menjadi perhatian semua pihak.

“Pemerintah berkomitmen kawasan Ngarai Sianok-Maninjau akan menjadi prioritas pembangunan berkelanjutan, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat keberadaan Geopark ini,” ulasnya. (AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.