Kanwil Kemenag Sumbar Serahkan Bantuan Rp2,7 M Untuk 31 Ponpes

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, berikan bantuan sebesar Rp.2,7 miliyar kepada 31 unit pondok pesantren yang tersebar di provinsi itu.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Kakanwil Kemenag Sumbar, diwakili Kabid Pembinaan Agama dan Keagamaan Islam, Khardinal N dan Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto Dt Maruhun, di Madrasah Tarbiyah Islamiyyah (MTI) Canduang, Kamis, (18/10).

Khardinal menyebutkan, bantuan diberikan ada berupa fisik dan non fisik, jumlahnya bervariasi mulai dari Rp.25 juta hingga Rp150 juta sesuai kebutuhan ponpes itu sendiri, di mana dananya langsung ditransfer ke rekening ponpes yang bersangkutan.

“Mendapatkan bantuan ini, ponpes sebelumnya memasukkan permohonan ke Kanwil Kemenag Sumbar yang berdasarkan rekomendasi, diseleksi kemudian tinjau lapangan dan di SK kan serta diadakan bimtek,” jelasnya.

Dijelaskan, dari 31 pondok pesantren yang diberikan bantuan, delapan diantaranya untuk ponpes di Kabupaten Agam, jumlah ini terbanyak dari kabupaten/kota di Sumbar, karena ponpes di Agam juga banyak.

Delapan ponpes itu yakni, Ponpes Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Candaung, Ponpes Ekologi Jami’atul Muslimin, Ponpes Al-Muttaqin Balai Belo, Ponpes Miftahul ‘Ulum Syar’iyah Canduang, Ponpes Tarbiyah Islamiyyah At-Taqwa Canduang, Ponpes Darul Makmur, Ponpes Ashabul Yamin dan MDTA Al-Ikhlas.

“Semoga dengan bantuan ini ponpes semakin berkembang, sehingga santri yang ada khususnya di Agam, Sumatera Barat pada umumnya jadi santri yang berkualitas,” ujarnya berharap. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *