Menu

Pasar Pakan Ahad Akan Berstandar Nasional

  Dibaca : 384 kali
Pasar Pakan Ahad Akan Berstandar Nasional

AMCnews.co.id — Pemerintah Nagari Koto Baru, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, terus melakukan pengembangan terhadap pasar pakan ahad, yang saat ini jadi pasar tradisional terbaik I tingkat Sumbar tahun 2018.

Di mana, sesuai perda nomor 1 tahun 2014, wali nagari bertindak selaku penanggungjawab atas pasar itu.

Plt. Wali Nagari Koto Baru, Elvi Yenni kepada AMCnews.co.id, di pasar itu, Minggu (9/9) menyebutkan, pasar Pakan Ahad sudah dua kali raih gelar sebagai pasar tradisional terbaik tingkat Sumbar, dimana rewardnya diambil untuk pengembangan pasar tersebut.

“Pasar itu dulunya merupakan pasar ninik mamak, kemudian diserahkan kepada nagari sehingga pasar dibangun ulang dan pengelolaannya diatur dalam Perna nomor 5 tahun 2015,” ujarnya.

Dalam perna mencantumkan terkait pengelolaan tarif kios dan lapak, dimana saat ini pasar Pakan Ahad tersedia 23 unit kios dan 235 lapak.

Disebutkan, pembangunan pasar dilakukan melalui DAK tahun 2013, ditambah dengan dana ADD nagari untuk membangun fasilitas lainnya yang dilakukan dua tahap.

Mengingat pasar Pakan Ahad jadi pasar tradisioal terbaik Sumbar, kedepannya pemerintah nagari akan menambah pembangunan kios, ruang menyusui, ruangan ukur ulang, CCTV dan lestafel, ini sebagai upaya menuju pasar yang berstandar nasional atau SNI.

“Insyaallah tahun anggaran 2019, rencana kita ini dapat tercapai,” ujarnya pula.

Camat Baso, Surya Wendri mendukung kegiatan yang dilakukan pengurus pasar dan pemerintah nagari yang sudah mengelola pasar serta melengkapi sarana dan prasarana pendukung lainnya.

“Secara kronologis, pasar pakan ahad dibangun melalui dana DAK dan perkembangannya dibangun dua tahap melalui ADD nagari, sehingga dapat jadikan pasar yang cukup baik, indah dan bersih,” ujarnya.

Menurutnya, dengan kondisi pasar saat ini, membuat pedagang nyaman dalam berjualan, begitu juga dengan konsumen merasa senang belanja di pasar pakan ahad tersebut.

Camat Baso itu mendorong pengurus dan nagari melengkapi fasilitas yang ada, sekaligus ingin wujudkan jadi pasar yang berstandar nasional, semoga pasar yang berstandar SNI itu dapat dicapai. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

1 Komentar

  1. Fauzi Senin, 10 September 2018

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional