Menu

Sungai Batang Gelar Parade Seni dan Budaya Anak Nagari

  Dibaca : 124 kali
Sungai Batang Gelar Parade Seni dan Budaya Anak Nagari

AMCnews.co.id — Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, gelar parade seni dan budaya anak nagari, dalam rangka peringati HUT RI ke-73, di medan dan bapaneh Sungai Batang, Minggu (19/8) malam.

Disamping memeriahkan HUT RI, kegiatan ini juga upaya pemerintah nagari dalam implementasi gerakan Nagari Madani di nagari tersebut.

Parade yang dibuka Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria itu, dihadiri Wakil Ketua TP-PKK Agam, Ny. Chandra Trinda Farhan Satria, anggota DPRD Agam, Camat Tanjung Raya, Handria Asmi, Wali Nagari Sungai Batang, Jon Hendra, tokoh masyarakat dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Trinda Farhan Satria menyebutkan, bagi Pemkab. Agam, kegiatan ini salah satu target gerakan Nagari Madani yang dicanangkan tahun lalu, dengan mengedepankan aktivitas anak nagari.

“Kita berupaya hidupka dan bangkitkan kreativitas anak nagari, sehingga bisa berinovasi di berbagai sisi,” ujarnya.

Disebutkan, kegiatan ini sangat tepat dengan visi Nagari Madani, salah satunya terkait adat, seni budaya dan olahraga, yang didorong wali jorong untuk menampilkan kesenian yang ada.

Wabup berharap, agar parade seni dan budaya ini tidak hanya seremonial saja, tapi jadikan iven rutin yang bisa memotivasi masyarakat untuk melatih dan menyemarakkan budaya Minangkabau.

“Kita berharap, tahun depan kegiatan ini meningkat, selain jumlah juga dalam segi kualitas dan lebih variatif,” ujarnya berharap.

Sementara itu, Wali Nagari Sungai Batang, Jon Hendra mengungkapkan, kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya, di mana parade ini akan dijadikan agenda tahunan untuk mengembangkan seni dan budaya di nagari.

“Melalui kegiatan ini, kita berupaya agar generasi muda tahu dan ikut mengembangkan seni budaya di nagari, sehingga dapat menghindari mereka dari perbuatan negatif yang akan merusak masa depannya,” ujarnya.

Menurutnya, Tanjung Raya khususnya Nagari Sungai Batang, sejak dulu terkenal dengan seni dan budaya. Pihaknya bersama masyarakat berupaya mengembalikan kejayaan dibidang seni dan budaya tersebut.

“Semoga melalui parade seni dan budaya ini dapat meningkatkan marwah Nagari Sungai Batang, dengan miliki seni budaya yang kuat,” ujarnya berharap. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional