Tingkatkan Minat Baca, Arpus Agam Buka Layanan Khusus

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Agam, buka pelayanan khusus pada masyarakat dan pelajar yang ada di daerah itu.

Pelayanan khusus seperti, melakukan pelayanan keliling ke sekolah-sekolah, buka pelayanan di kantor Arpus setiap Sabtu dan GOR Padang Baru Lubuk Basung setiap hari Minggu.

Kadis Arpus Agam, M. Arsyid menjawab AMCnews.co.id, Minggu (12/8) menyebutkan, upaya ini dilakukan agar masyarakat Agam dengan mudah dapatkan buku yang akan dibaca tanpa harus datang ke kantor Arpus.

Disebutkan, pelayanan keliling ke sekolah pihaknya melakukan satu kali dalam sebulan dengan lima atau enam hari layanan terhadap 20 sekolah yang dikunjungi setiap bulan.

“Layanan keliling ini siswa boleh pinjam buku melalui pengelola pustaka sekolah yang kita percayakan untuk peminjaman,” ujarnya.

Pihaknya juga buka layanan setiap Sabtu di Kantor Arpus disamping layanan di hari kerja, dimana siswa yang berkunjung rata-rata 50 orang setiap sabtunya.

“Tidak hanya itu, kita juga buka layanan setiap Minggu di GOR Padang Baru Lubuk Basung, karena pada hari libur masyarakat banyak berkunjung ke sarana olahraga tersebut,” ujarnya.

Menurut Arsyid, dengan dibukanya pelayanan di kawasan itu, masyarakat bisa bersantai sambil membaca buku setelah melakukan aktivitas olahraha, dengan menyediakan buku sekitar 1.200 eksemplar.

“Kita berharap dengan pelayanan khusus ini, minat baca masyarakat dan pelajar meningkat, sehingga gerakan Agam membaca yang dicanangkan Bupati terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Tidak hanya itu, pada 2018 Arpus Agam buat gebrakan baru yaitu buka pojok baca di setiap Puskesmas yang ada di Agam, di mana untuk tahap awal dibuka di 10 puskesmas.

(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.