Baznas Agam Salurkan Zakat Rp.1,2 M Untuk 538 Mustahik

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, kembali menyalurkan zakat sebesar Rp. 1,2 miliyar lebih kepada 538 mustahik yang tersebar di daerah itu.

Zakat diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kemenag Agam, Edy Oktafiendi dan Ketua Baznas Agam, Eldi Zein, dihadiri Wakil Ketua Baznas Agam, Abdul Aziz, di aula Kemenag Agam, Belakang Balok Bukittinggi, Kamis (2/8).

Berdasarkan laporan Baznas Agam, zakat diserahkan dua tahap, tahap pertama dilaksanakan Kamis (2/8), dan besok Jum’at (3/8) tahap kedua. Hari ini zakat disalurkan melalui dua program, yaitu Agam makmur dan Agam cerdas.

Dari jumlah zakat itu, disalurkan kepada 10 kecamatan yakni, Kecamatan Banuhampu Rp. 119 juta lebih kepada 60 mustahik, Kecamatan Canduang Rp. 75 juta lebih untuk 37 mustahik, Kecamatan Sungai Pua Rp. 87 juta lebih untuk 41 mustahik, Kecamatan Ampek Angkek Rp. 189 juta lebih untuk 90 mustahik, Kecamatan Kamang Magek Rp. 124 juta lebih untuk 49 mustahik.

Selanjutnya, Kecamatan Tilatang Kamang Rp106 juta lebih untuk 47 mustahik, Kecamatan Palupuah Rp. 33 juta lebih untuk 13 mustahik, Kecamatan IV Koto Rp. 136 juta lebih untuk 55 mustahik, Kecamatan Malalak Rp. 30 juta lebih untuk 14 mustahik, Kecamatan Baso Rp.156 juta lebih untuk 69 mustahik, tambahan dan emergensi Rp. 147 juta lebih untuk 63 mustahik.

Ketua Baznas Agam, Eldi Zein menyebutkan, zakat ini merupakan dana umat yang harus disalurkan kepada yang berhak menerima sesuai delapan asnaf, sebagaimana yang dianjurkan dalam ajaran agama Islam.

“Sebelum zakat disalurkan, tim melakukan survei ke rumah masing-masing mustahik guna membuktikan keakuratan proposal yang diajukan pada Baz,” jelasnya.

Tidak hanya itu, setelah survei lapangan datanya diverifikasi dalam sidang antara pimpinan Baz dengan petugas lapangan dan administrasi, sehingga mereka dinyatakan sah menerima zakat.

(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *