Menu

Ketua Forikan Agam Minta Pengolahan Ikan Harus Variatif

  Dibaca : 171 kali
Ketua Forikan Agam Minta Pengolahan Ikan Harus Variatif

AMCNews.co.id Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri, mengatakan pentingnya menumbuhkan gemar makan ikan pada anak-anak, apalagi ikan bisa diubah menjadi jajanan di sekolah.

“Ikan sangat baik bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, karena mengandung banyak protein. Pemerintah dan para orangtua berkewajiban untuk meningkatkan konsumsi ikan,” kata Ny. Vita kepada AMC, Jum’at (27/7).

Menurutnya, potensi ikan yang melimpah di Kabupaten Agam harus diolah menjadi makanan atau jajanan yang menarik dan menyehatkan, sehingga masyarakat khususnya anak-anak akan lebih gemar memakan ikan.

Hal itu dinilai, salah satu upaya untuk memberikan daya tarik bagi masyarakat atau anak-anak agar menyukai ikan.

Ditambahkan, harus ada pengolahan ikan yang lebih variatif agar tidak membosankan, misalnya diolah menjadi stik, nuget, kroket, sate ikan dan lainnya, agar menarik bagi anak-anak dan mereka mau mengkonsumsinya.

“Saat ini banyak jajanan di sekolah modelnya menarik akan tetapi tidak sehat. Tapi untuk jajanan berbahan dasar ikan, selain menarik tentu harus sehat,” ujanya.

Dijelaskan, perlu perhatian dari para guru maupun pengelola kantin sekolah, karena asupan gizi dari jajanan yang tidak sehat akan mempengaruhi tingkat kecerdasan para siswa.

Karena itu, pihaknya juga berharap, pihak sekolah mewajibkan pengelola kantin untuk menjual jajanan yang higienis dan bahannya banyak mengandung ikan. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional