Inovasi TTG Agam Kembali Tampil Pada Jambore PKK

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Empat Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Kabupaten Agam, tampil pada kegiatan Jambore Kader PKK Berprestasi, Pencanangan BBGRM dan TTG tingkat Sumbar tahun 2018, di Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (15/7).

Pemkab Agam bertekad akan mempertahankan juara terbaik 1 pada lomba tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Agam, Teddy Marta, mengatakan kegiatan ini guna mengasah kreativitas masyarakat yang mempunyai nilai guna dalam bentuk pameran.

Dengan begitu menurutnya, para petani bisa melihat langsung hasil dari TTG yang dimiliki daerah lain, sebagai bahan inspirasi untuk dibawa ke nagari.

“Subtansinya kegiatan TTG tidak hanya menjadi kegiatan seremonial semata tanpa input yang jelas,” katanya.

Menurutnya, Pemkab Agam secara berjenjang dari tingkat kecamatan dan nagari terus melakukan pembinaan, sehigga nantinya akan lahir penemu yang mampu menciptakan teknologi yang murah, tetapi mampu memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Jangan sampai terputus, ini dapat dibina dan hasil karyanya dapat dimanfaatkan masyarakat,” tegasnya.

Mantan Camat IV Angkek itu menjelaskan, ke-empat alat yang diperagakan saat jambore yaitu, alat pertanian multifungsi dari Tilatang Kamang, Meriam Muri Pengusir Hama Kera dari Palembayan, mesin pengaduk dari Ampek Angkek dan alat parutan seba guna dari Kecamatan Tanjung Mutiara.

(AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.