Selama 2018, Dinkes Agam Foging Tujuh Kali di Pemukiman Warga

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, telah melakukan foging atau pengasapan sebanyak tujuh kali di pemukiman warga dalam mengantisipasi penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Agam, Indra Rusli didampingi staf Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Masyarakat, Rismar Mirawati di Lubuk Basung, Jumat, (6/07) mengatakan, foggng itu dilakukan di Lubuk Basung sebanyak lima kali dan Nagari Bawan Kecamatan Ampek Nagari dua kali.

“Foging ini kita lakukan apabila ada ditemukan kasus DBD di daerah itu. Ini telah dilakukan di Lansano, Nagari Lubuk Basung, Senin (2/7), setelah tiga warga menderita DBD” katanya.

Sebelum foging dilakukan, Dinkes Agam telah menurunkan tim untuk melakukan pemantauan jentik nyamuk di bak penampungan warga.

Apabila ditemukan jentik nyamuk, maka pihaknya menghimbau warga untuk melakukan gotong royong dalam membersihkan bak penampungan air, membersihkan saluran air, menimbun ban atau kaleng bekas dan lainnya.

“Fogging langkah terakhir untuk membasmi nyamuk aedes aegypti dewasa, sehingga nyamuk tersebut tidak berkembang,” katanya.

Jumlah penderita DBD sebanyak 66 orang yang tersebar di 12 dari 23 puskemas selama Januari sampai 6 Juli 2018. Ke 12 puskesmas itu diantaranya, Puskemas Lubuk Basung, Puskesmas Tiku, Puskesmas Balai Ahad, Puskesmas Maninjau dan lainnya.

(AMC02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *