Menu

Antisipasi Penyakit Ternak. Distan Agam Gelar Pemeriksaan

  Dibaca : 228 kali
Antisipasi Penyakit Ternak. Distan Agam Gelar Pemeriksaan

Petugas Dinas Pertanian (Distan) Agam lakukan pemerikasaan kesehatan terhadap hewan-hewan ternak masyarakat.

AMC.news.co.id Antisipasi penyakit hewan ternak, Dinas Pertanian (Distan) Agam kembali lakukan pemerikasaan kesehatan terhadap hewan-hewan ternak masyarakat.

Pemeriksaan kesehatan hewan ternak yang dirangkai dengan sosialisasi pemeliharaan hewan tersebut juga dilakukan pemberian obat cacing, pemeriksaan stastus reproduksi, memberikan suntik vitamin.

Menurut Kadistan Agam seperti dijelaskan Kasi. Kesmavet Distan Agam, drh.Welya Roza, program pengawasan kesehatan hewan ternak tersebut merupakan agenda rutin pihaknya dalam rangka pengawasan terhadap berbagai jenis penyakit hewan saat in.

Ditambahkan, pengobatan terhadap hewan ternak itu juga dirangkai dengan kegiatan penyuluhan kepada para peternak, terutama terkait dengan cara pemeliharaan ternak yang baik, pengawasan kesehatan dan langkah antisipasi dini jika hewan ternak sakit.

Kegiatan tersebut digelar secara massal dan gratis, menyeluruh di 16 kecamatan di kabupaten Agam.

“Hal itu untuk membantu peternak yang tidak mampu, termasuk yang selama ini tidak terjangkaunya oleh pelayanan medis, ternak, ” ulas drh. Wellya Roza.

Lebih lanjut Wellya menjelaskan, di kabupaten Agam, tercatat dari bulan Januari hingga Mei 2018, pemeriksaan terhadap hewan tersebut baru mencapai 1753 ekor ternak, khususnya sapi dan kerbau.

Pengobatan yang diberikan berupa suntikan B-kompleks (obat cacing), multi vitaman, salep anti biotik, serta ivopek (obat koreng), dan pemeriksaan status reproduksi terhadap sapi dan kerbau.

Kasi. Kesmavet Dinas Pertanian Agam itu berharap, seluruh peternak di kabupaten Agam, agar selalu memperhatikan kebersihan kandang maupun lingkungan sekitar, serta pemberian pakan ternak yang cukup, sehingga hewan ternak bisa terhindar dari segala penyakit.(AMC07)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional