Menu

“Zaman Saisuak” Kolaborasi Palembayan-Tanjung Raya Angkat Seni Tradisi Anak Nagari

  Dibaca : 329 kali
“Zaman Saisuak” Kolaborasi Palembayan-Tanjung Raya Angkat Seni Tradisi Anak Nagari

Talempong Uwaik - Uwaik salah satu Kesenian Tradisional Tanjung Raya

AMC.news.co.id – Kecamatan Tanjung Raya dan kecamatan Palembayan akan menggelar pertunjukan seni budaya dan penanaman pohon serentak di Bukit Sakura, perbatasan antara Kecamatan Palembayan dan Kecamatan Tanjung Raya, Kamis (28/6).

Camat Tanjung Raya Handria Asmi kepada amc.news.co.id di ruang kerjanya Selasa, (26/6), menjelaskan, acara yang digelar untuk melestarikan kesenian anak nagari sekaligus mempererat tali silahturahmi , seiring dengan program penghijauan.

“Pertunjukan seni budaya ini akan diikuti tiga nagari yaitu Nagari Paninjauan, Nagari Sungai Pua dan Nagari Baringin, ” ujar Handria Asmi.

Setiap nagari akan menampilkan kesenian nagari masing-masing, seperti kesenian debus, tambua, randai, silek dan kesenian lainya.

Yang menarik, acara ini akan dirancang seperti kondisi zaman dahulu kala “Zaman Saisuak”. diantaranya camat dan wali nagari akan memakai naju galembong. Bukan itu saja, saat makan bersama juga akan mengingatkan kita kepada zaman saisuak yaitu makan barantam atau makan bersama dengan beralaskan daun pisang oleh seluruh masyarakat yang hadir, makanan dibawa dari rumah masing-masing dan saling bertukar makanan.

Sementara itu, Camat Palembayan Ridwan menjelaskan penanaman pohon serentak akan dilaksanakan secara simbolis di kawasan Bukit Sakura, selanjutnya akan diserahkan pada wali nagari Sungai Pua, Paninjauan dan Baringin untuk ditanam diwilayah masing-masing.

“Total bibit yang akan ditanam 900 bibit tanaman, yang terdiri dari 100 bibit mahoni, 100 bibit jengkol, 100 bibit petai, 200 bibit alpokat, 100 bibit pinang, 100 bibit durian, 100 bibit pucuk merah dan 100 bibit mangga” ujar Ridwan.(AMC09)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional