Menu

Seleksi Siswa Baru SMAN 2 , Pakai Sistem Online.

  Dibaca : 387 kali
Seleksi Siswa Baru SMAN 2 , Pakai Sistem Online.

Sejumlah calon siswa menyerahkan formulir pendaftaran siswa baru di SMA 2 Lubuk Basung untuk diregistrasi secara online

AMC.news.co.id – Sistem penerimaan siswa baru tingkat SMA/SMK di Sumatera Barat berbeda dibanding tahun sebelumnya. Dulu melalui jalur seleksi, namun di tahun ajaran 2018/2019 dilakukan dengan sistem online, termasuk di Kabupaten Agam.

Kepala SMAN 2 Lubukbasung, M. Mustafa Kamil menjawab AMC.news.co.id di ruang kerjanya, Senin (25/6) mengatakan, penerimaan siswa baru melalui sistem online ini merupakan kebijakan Pemprov. Sumatera Barat sesuai peraturan gubernur.

Penerimaan dilakukan dua jalur, antara lain jalur online dan khusus.
“Penerimaan jalur online mulai hari ini ,tanggal 25 – 29 juni 2018, sedangkan jalur khusus mulai 18 sampai 23 juni 2018 sudah selesai dilaksanakan,” ujarnya.

Kuota penerimaan siswa baru di SMAN 2 Lubukbasung tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 352 orang, 334 orang melalui jalur online dan 5 jalur khusus, 13 lanjutan siswa yang tinggal.

Disebutkan, sistem online ini setiap SMA/SMK ada operator pendaftarannya, calon siswa bisa mendaftarkan diri di sekolah lain tanpa harus ke sekolah yang diinginkan, mereka cukup membawa surat keterangan lulus atau SKHUN sementara.

“Nanti operator memberikan formulir yang harus diisi calon siswa untuk dientri ke link pendaftaran, print uot-nya ditandatangani operator dan diserahkan kepada calon siswa sebagai bukti kalau mereka sudah mendaftar,” katanya.

Dijelaskannya, lulus tidak lulusnya calon siswa ditentukan oleh Pemprov, pihak sekolah hanya menerima keputusan atau hasil yang sudah ril saja. Penerimaan di prioritaskan kepada calon siswa memiliki nilai tertinggi.

Meski demikian, sistem online memberikan kemudahan bagi calon siswa untuk mendaftar, memberikan kesempatan seluasnya kepada calon peserta didik untuk melaksanakan pendidikan di tempat mereka sukai dalam kabupaten/kota, sehingga siswa SMP akan berupaya semaksimal mungkin mendapatkan hasil UN yang baik.

Di samping itu, tetntu ada kelemahan dari sistem online ini.
Seperti, pihak sekolah tidak bisa memiliah orang yang patut diperjuangakan, dan kepada anak cucu orang yang menghibahkan tanah untuk sekolah serta anak-anak yang tinggal di sekitaran sekolah.

Sementara itu, untuk jalur khusus penerimaan dilakukan tiga kriteria, pertama anak GTK seperti anak guru, pegawai di sekolah tempat bekerja dibuktikan dengan KK sebanyak 4 orang.

Kedua, melalui jalur prestasi bagi pemenang olimpiade perorangan, seperti O2SN, FLSN dan lainnya dibuktikan piagam dengan syarat nilai IPA dan matematika minimal 7 hanya satu orang.

Ketiga, hafiz Al-Qur’an minimal 3 juz dan nilai IPA danatematika minimal 7, kriteria ini belum ada yang memenuhi.

“Calon siswa banyak yang hafiz, tetapi mereka terkendala dengan nilai IPA ataupun Matematika yang menunjukan di bawah minimum yang ditentukan,” ujar M. Mustafa. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional