Semarak Malam Takbiran. Pawai di Lubukbasung, Perang Badia Batuang di Maninjau

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Semarak jelang hari raya Idul Fitri 1439 hirjiah Jumat,(15/6), Pemkab Agam dijadualkan mengelar pawai takbiran Kamis,(15/6) malam, menyambut  malam 1 Syawal 1439 Hijriah, di Lubuk Basung.

Dijadualkan, pawai malam takbiran akan mengambil rute di sepanjang kawasan pusat kota Lubukbasung yang akan diikuti ribuan peserta dari berbagai kalangan masyarakat.

Seperti dijelaskan Kabag.Kesra. Sekab.Agam, Syatria, S.Sos, M.Si menyambut 1 Syawal 1439 Hijriah, Pemkab Agam,menggelar pawai takbiran yang diprediksi akan diikuti ribuan peserta dari berbagai kalangan.

Pawai malam takbiran tersebut, dijadualkan akan dilepas Bupati Agam Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, Kamis malam, pukul 08.00 WIB shalat Isya, di depan Masjid Agung Nurul Fallah Lubuk Basung.

Dijelaskan, khusus malam pawai takbiran tersebut, pihaknya sudah menyebar undangan peserta pawai mulai dari  pelajar mulai  SD/MA, SMP/MTs, SMA/SMK, Pondok Pesantren dan remaja masjid dengan mengenakan pakaian muslim yang tersebar di empat kecamatan, yaitu Lubuk Basung, Tanjung Mutiara, Ampek Nagari dan Tanjung Raya.

Sementara rute yang ditempuh mulai star depan Masjid Agung Nurul Fallah Lubuk Basung – Simpang III Bundaran – Simpang Lapau Talang – Simpang IV Tangah – depan Polres Agam dan finis di Masjid Agung Nurul Fallah.

Pengalaman tahun sebelumnya, Syatria menilai pawai takbiran memiliki kreatifitas tersendiri karena tidak terfokus pada satu alat atau rebana untuk mengiringi lantunan takbiratul ihram, alat lain yang digunakan seperti drum band, gendang dari kaleng cat dan lainnya yang diiringi barisan cahaya api obor.

Uniknya lagi, di kecamatan Tanjung Raya menyambut 1 Syawal dimeriahkan dengan “barakik-rakik” di danau Maninjau, sambil membunyikan meriam bambu, saling balas bak peperangan yang dahsyat.

(TAM)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.