Menelusuri Istana Siak, Bupati Agam : Saya Begitu Takjub

  • Bagikan

Siak, AMC – Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM mendapat jamuan wisata sejarah saat mengunjungi Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Sabtu (27/8).

Bupati AWR dijamu Wakil Bupati Siak, Husni Merza untuk menelusuri sejarah Kesultanan Siak Sri Indrapura.

Bupati mengaku takjub dengan peninggalan sejarah yang tersimpan rapi di istana yang ditempati Sultan Syarif Hasyim itu.

“Luar biasa, saya begitu takjub, sejarah Kesultanan Siak lengkap dalam istana ini,” ujarnya sembari menyimak penjelasan pemandu Istana Siak.

Pantauan AMC di dalam Istana Siak, lantai bawah istana dibagi menjadi enam ruangan sidang, ruang tunggu para tamu, ruang tamu kehormatan, ruang tamu laki-laki, ruang tamu untuk perempuan.

Satu ruangan di samping kanan adalah ruang sidang kerajaan, juga digunakan untuk ruang pesta. Kekinian, setiap ruang sidang diilustrasikan melalui patung, lengkap dengan busana khas Melayu.

Informasi yang dihimpun, Istana Siak telah dihuni oleh dua belas Sultan, mulai dari tahun 1723 hingga 1945.

Istana Siak diresmikan oleh Sultan Syarif Hasyim, dan Sultan yang terakhir yang menghuni Istana Siak iyalah, Sultan Syarif Hasyim II.

Sultan Syarif Hasyim II konon yang menyerahkan kerajaannya pada pemerintah Republik Indonesia ketika Indonesia telah merdeka.

Diketahui, kehadiran bupati ke Kabupaten Siak guna menyaksikan pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Luak Agam (IKLA) kabupaten setempat. (Depit)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *