Bupati Agam Hadiri Sosialisasi KIE Bertema Kesehatan Haji dan Umrah

  • Bagikan

Bukittinggi, AMC – Bupati Agam, Dr H Andri Warman MM membuka acara Sosialisasi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) di Universitas Ford de Kock Bukittinggi, Minggu (22/9).

Acara dengan tema “Sosialisasi Kesehatan Haji dan Umrah” ini diselenggarakan oleh Anggota Komisi IX DPR RI, H Ade Rezki Pratama, yang berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI.

Dalam sambutannya, Bupati Agam menyampaikan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada H Ade Rezki Pratama atas kolaborasi yang dilakukan dengan Kementerian Kesehatan RI dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

Menurut bupati, acara sosialisasi ini dapat menjadi wadah edukasi yang sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya calon jemaah haji dan umrah, mengenai pentingnya persiapan kesehatan sebelum melaksanakan ibadah haji dan umrah, serta bagaimana menjaga kesehatan selama berada di tanah suci.

“Kami sangat mengapresiasi langkah positif yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI bersama Anggota Komisi IX DPR RI. Ini adalah upaya yang sangat baik untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan, khususnya bagi calon jemaah haji dan umrah,” ujar Bupati Agam.

Bupati Agam berharap sosialisasi seperti ini terus dilakukan secara berkelanjutan untuk mendukung kesehatan masyarakat, terutama dalam ibadah haji dan umrah yang memerlukan kondisi fisik prima.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Pengendalian Faktor Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Imron Cahyono, ST. M.Kes menyampaikan, berbagai informasi terkait pengendalian faktor kesehatan bagi calon jemaah haji dan umrah.

Beliau menyoroti pentingnya edukasi kesehatan serta pencegahan penyakit yang kerap menjadi tantangan selama pelaksanaan ibadah di tanah suci.

“Kementerian Kesehatan telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan jemaah haji dan umrah dapat beribadah dengan sehat dan aman, salah satunya melalui kegiatan sosialisasi ini,” jelas Imron

Seterusnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Agam diwakili Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) menyebutkan agenda ini dihadiri jemaah haji dan calon jemaah haji.

“Untuk Kabupaten Agam, tercatat jumlah jemaah haji yang mengikuti sosialisasi ini diantaranya, jemaah Haji 2022, 15 orang, haji 2023, 20 orang, haji 2024, 80 orang dan calon haji 2025 sebanyak 150 orang,” ucapnya.

Acara sosialisasi ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk calon jemaah haji dan umrah dari berbagai wilayah.-
Penulis : Tori
Editor : Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *