Bupati Agam Buka Rapat Capaian Target Pengelolaan Danau Maninjau 2024

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC– Bupati Agam diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Hamdi ST MEng, menghadiri sekaligus membuka rapat capaian target rencana pengelolaan Danau Maninjau Tahun 2024 di Aula Kantor Bupati Agam, Rabu (18/9).

Ketua Panitia, Karseno STP menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan data dan informasi terkini baik kondisi ekosistem Danau Maninjau maupun kemajuan program dan kegiatan penyelamatan danau tahun 2024 serta rencana strategis dan program pengelolaan danau Maninjau tahun 2025- 2029.

Agenda ini diikuti 50 peserta yang terdiri atas berbagai intansi terkait dan pemangku berkepentingan lainnya

“Semoga kegiatan ini bisa wawasan mengenai pentingnya pengelolaan danau serta ekologi, ekonomi, sosial dan kesejahteraan masyarakat, “ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Agam diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Hamdi ST MEng mengingatkan bahwa Danau Maninjau termasuk dalam 15 danau penyelamatan nasional dan dari segi pengaturan tata ruang merupakan kewenangan pemerintah pusat.

“Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Agam telah berkolaborasi dengan TNI, PT PLN sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dan pemilik keramba, upaya razia dan penegakan hukum, permintaan bantuan PPNS kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, penyediaan operasional Satgas Pembersihan Danau dan Sekretariat pada Gedung BRIN, gotong royong massal secara periodik,” katanya.

Melalui rapat ini, Hamdi berharap akan lahir langkah -langkah konkrit dan strategis yang nantinya dapat digunakan menyelesaian masalah ini.

“Mari kita saling bertukar pikiran dan bernyamakan presepsi yang akan kita gunakan dalam Rencana Pengelolaan Danau Maninjau 2024,”ujarnya.

Acara ditutup dengan diskusi interaktif, dimana peserta memberikan masukan dan saran untuk perbaikan pengelolaan Danau Maninjau ke depan.

Diharapkan, dengan upaya bersama, Danau Maninjau dapat terus menjadi aset berharga bagi Kabupaten Agam.-
Penulis : Tori
Editor : Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *