Bantu Warga Kurang Mampu, Baznas Agam Salurkan Zakat Bagi 147 Mustahik

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC- Sebanyak 147 penerima zakat (mustahik) di Kabupaten Agam menerima program zakat, infak dan sedekah (ZIS) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Jumat, (25/10).

Penyerahan zakat yang dilaksanakan usai Wirid Pengajian Korpri Kabupaten Agam di Masjid Agung Nurul Falah ini diserahkan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Agam, Dr. Endrizal, SE, M.Si.

Pada kesempatan itu, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Agam, Dr. Endrizal, SE, M.Si menyampaikan, pendistribusian zakat merupakan upaya pemerintah daerah dalam rangka pengentasan kemiskinan.

“Pogram ZIS juga merupakan upaya meningkatkan SDM masyarakat untuk segala sektor,” ujarnya

Selain itu, ZIS ini juga dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian usaha yang nantinya mengacu kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat diwilayah tersebut.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan, para mustahik penerima bantuan agar dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan dengan sebaik mungkin. Pasalnya, bantuan yang diterima merupakan titipan zakat dari para muzaki.

“Kami berharap, jika hari ini para mustahik dikemudian hari bisa menjadi muzaki yang nantinya membantu orang yang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Agam, Isman Imran menyampaikan pendistribusian zakat program pemerintah ini terdiri dari program Agam Peduli, Agam Sehat, Agam Cerdas dan Agam Makmur.

“Selain hari ini juga akan kita laksanakan pendistibusian zakat di Mess Pemda Belakang Balok, Bukittinggi pada Selasa, 29 oktober 2024,” ujarnya.

Isman Imran merinci, pendistribusian zakat ini terdiri dari 19 mustahik untuk program Agam Peduli dan 1 mustahik untuk program Agam Taqwa.

Kemudian, 54 mustahik untuk program Agam Sehat, 1 mustahik untuk program Agam Cerdas dan 72 mustahik untuk program Agam Makmur.

Diterangkan lebih lanjut, para mustahik ini sebelumnya telah melewati sejumlah seleksi seperti verifikasi informasi, survey, sidang pleno dan putusan.

“Mustahik yang menerima zakat hari ini adalah orang- orang telah melewati proses seleksi sesuai dengan ketentuan pemerintah dan agama,” ucapnya.

Ditambahkan, setelah penyaluran zakat pihaknya akan terus melalukan pemantauan dan evaluasi kepada para penerima agar zakat yang diberikan tepat sasaran.-
Penulis : Fikri
Editor : Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *