Dibanjiri Ribuan Warga, Bupati Agam Minta Lestarikan Adat dan Budaya

  • Bagikan

Palembayan, AMC. – Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, MM merasa bangga dengan adanya atraksi dari Sangar Seni Mudo Barapi di Kecamatan Palembayan, menunjukan pelestarian adat dan budaya di masyarakat masih tetap terjaga dan terpelihara dengan baik.

Hal ini dikatakan Bupati Agam saat meresmikan Sanggar Seni Mudo Barapi di lapangan Volly Ball PPSA Jorong Subarang Aia, Nagari Salareh Aia Timur, Kecamatan Palembayan. Sabtu, (21/09).

Dalam Kegiatan malam ini, terdapat beberapa kegiatan yang menampilkan kembali beberapa tradisi adat dan budaya di Nagari Salareh Aia Timur.

“Kegiatan ini sejalan dengan visi-misi Kabupaten Agam dalam memajukan dan melestarikan budaya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat yang Madani berlandasan adat basandi sarak, sarak basandi kitabullah,” ujar bupati Agam.

Bupati Agam mengatakan kegiatan ini memiliki peranan penting dalam pelestarian nilai-nilai luhur kebudayaan bagi generasi muda, sebagai sarana peningkatan kreativitas anak nagari dari generasi ke generasi, seperti kesenian randai, silet, randai, tari pasabahan dan tambua tansa oleh anak nagari.

“Kegiatan ini luarbiasa, biar pun malam hari tetapi antusias warga tetap semangat meramaikan kegiatan ini, semoga kegiatan ini bisa menjadi icon di Sumbar” ujarnya.

Dengan adanya atraksi kesenian ini, mereka bisa diajarkan bagaimana terjalinnya kekompakan antar anak-anak di daerah.

“Agar ini bisa berkembang, kita harap anak-anak di daerah ini lebih rajin-rajin belajar adat istiadat yang ada di nagari masing -masing,” tambahnya.

Kegiatan yang dihadiri ribuan warga Salareh Aia Timur dihadiri Anggota DPRD Agam Zulpardi dan Akmal Piliang, Staf Ahli Bupati Bidang SDM Roza Sepdianti, Kadis Pendidikan Kabupaten Agam Taslim, Camat Palembayan Sabirun, Forkopimca, walingari, ketua panitia Andre Gusman, ketua pemuda Gibran Pedrianto, niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang dan ribuan warga . –
Penulis : Jonata

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *