Bupati Agam Bakal Gandeng UNP Untuk Beasiswa S2 Bagi ASN

  • Bagikan

Padang, AMC – Bupati Agam Dr Andri Warman melakukan audiensi dengan Rektor UNP Padang, Prof. Ganefri, PhD membahas kerjasama bidang pendidikan, Rabu (18/8), di ruang sidang Rektor UNP.

Hadir juga mendampingi Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, Wakil Rektor II Ir. Syahril, M.Sc, Wakil Rektor III Drs. Hendra Syarifuddin, Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Yasri bersama senat dan sejumlah pejabat struktural UNP lainnya.

Dalam pertemuan tersebut membicarakan tentang rencana perjanjian kerjasama di bidang pendidikan yakni pemberian beasiswa studi S2 atau izin belajar bagi ASN di lingkungan Pemkab Agam.

Pada kesempatan itu, bupati menyampaikan beberapa hal penting terkait kebijakan yang ia ambil guna mewujudkan salah satu visi dan misi Kabupaten Agam yakni meningkatkan Sumber Daya Manusia.

“Termasuk dalam progam kita adalah meningkatkan kualitas SDM ASN. Untuk itu kita sangat berharap pak Rektor berkenan membantu merealisasikan program ini,” harap Bupati AWR.

Bentuk keseriusan itu, jelas bupati, pihaknya melalui BKPSDM telah melakukan persiapan, seperti pendataan ASN yang ingin melanjutkan kuliah S2 tersebar di 16 kecamatan yang ada.

Saat ini, tambahnya, kondisi pegawai di Agam dilihat dari tingkat pendidikannya tercatat, sebanyak 6.255 ASN. Sebanyak 220 pendidikan S2, 4.200 S1 dan sisanya berpendidikan D1,D2 dan D3.

“Sampai sekarang sudah ada 5 orang untuk mendaftar S3. Insya allah akan juga kita fasilitasi untuk program beasiswanya,” jelas bupati.

Apabila pihak UNP juga berkenan, bupati juga sudah menyiapkan tanah hibah yang akan diberikan oleh salah seorang tokoh masyarakat Lubuk Basung.

Menanggapi keinginan orang nomor satu di Agam itu, Rektor UNP Prof. Ganefri, PhD menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Agam yang telah mempercayakan kampusnya sebagai salah satu tempat bagi ASN Agam menempuh jenjang pendidikan S2 melalui program beasiswa atau izin belajar.

Ia juga menyampaikan bahwa pada dasarnya pihaknya sangat mendukung program Pemkab Agam untuk meningkatkan SDM ASN.

“Tidak bisa dipungkiri, bahwa Agam termasuk pencetak SDM unggul di Sumbar. Mahasiswa yang ada di UNP juga banyak berasal dari Agam,” jelasnya.

Oleh karena itu hal tersebut perlu dibicarakan lebih lanjut terkait kuota dan berbagai jurusan prodi yang dipilih dari 23 progrm studi S2 di UNP.

Pada kesempatan itu, Rektor UNP Padang, Prof. Ganefri memaparkan situasi dan kondisi sistem pendidikan di UNP, terlebih saat pandemi Covid-19.

Ia mengatakan, saat ini UNP terus berupaya menjadi universitas terbaik dari bidang kualitas penyelenggaraan pendidikan di Sumbar. “Kita ingin mewujudkan UNP sebagai sektor bidang pendidikan,” ujarnya.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pegawai UNP, pihaknya tahun ini akan menerima 200 orang lebih CPNS.

Mengenai usulan program beasiswa tersebut, pihaknya akan meninjau lebih jauh sembari menyiapkan draft terkait kerjasama yang akan dilakukan. (Finand)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *