113 Tahun Perang Manggopoh, Pemnag Manggopoh Gelar Berbagai Event

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Pemerintah Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, gelar beragam event dalam rangka memperingati Perang Manggopoh ke-113.

Wali Nagari Manggopoh, Ridwan, Selasa (15/6) mengatakan, panitia peringatan Perang Manggopoh ke-113 telah menyusun berbagai event seperti bidang olahraga, seni budaya, dan keagamaan.

Ia menjelaskan, bidang olahraga digelar turnamen sepak takraw, futsal dan tenis meja. Bidang seni budaya lomba melukis wajah Mandeh Siti tingkat SD dan SMP, baca puisi tingkat SMP dan SMA, lomba baju kuruang basiba dan lomba lagu minang.

Kemudian di bidang keagamaan seperti lomba salat jenazah, qasidah, pidato dan MTQ nagari ke-6 untuk 12 cabang lomba.

“Pembukaan keseluruhan event dijadwalkan 12 Juni 2021, di kawasan objek wisata Garuda Mas, di Jorong Batu Hampar,” ujarnya.

Sebelumnya, kata Ridwan, dalam rangka peringatan Perang Manggopoh ke-113 ini, juga sudah dilaksanakan malam renungan suci dan upacara bendera.

“Semoga dengan selalu memperingati Perang Manggopoh ini, generasi semakin memahami dan menghargai perjuangan para pejuang yang bertumpah darah mempertahankan negeri ini dari penjajah,” harapnya.

Hal ini karena, kemerdekaan didapat tidak gratis, tapi berdasarkan perjuangan para pejuang yang merintis kemerdekaan dengan pengorbanan.

Tidak hanya harta benda tapi juga mengorbankan nyawanya agar generasi setelahnya dapat menikmati kehidupan yang damai. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *