Vaksinasi COVID-19, Siapa Takut ..?! (Bagian 1 Dari 2 Tulisan)

  • Bagikan

Oleh : dr. Riko Jumattullah, SpPD, SMF (*)

Covid-19 merupakan singkatan dari Corona Virus Disease-19, sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus, virus penyebabnya adalah SARS-COV-2. Covid-19 saat ini sudah menjadi pandemi diseluruh dunia termasuk Indonesia.

Gejala Covid-19 sangat bervariasi namun secara umum demam, batuk kering, sesak nafas, nyeri tenggorokkan, nyeri sendi, diare, mual, muntah, hilang penciuman, dan hilang pengecapan.

Pemeriksaan penunjang untuk mendiagnosis Covid-19 dengan cek laboratorium, rontgen dada dan Swab PCR sebagai diagnosis pasti.

Saat ini (9 Juni 2021) kejadian Covid di dunia adalah sekitar 174 juta dengan kasus meninggal 3,67 juta, di Indonesia sendiri jumlah kasus mencapai 1,87 juta dengan kasus meninggal 52 ribu lebih, sedangkan untuk Sumatera Barat 46,6 ribu dengan kasus meninggal 1,05 ribu dan di Kabupaten Agam sudah tercatat 3,3 ribu lebih kasus konfirmasi positif dengan kasus meninggal 75 orang.

Berdasarkan data dan fakta diatas diharapkan kerjasama semua pihak untuk mencegah pandemi ini bertambah. Caranya dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 6 M ( Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Membatasi Mobilisasi, dan Melakukan Vaksin) dimanapun berada.

Vaksinasi merupakan salah satu bentuk ikhtiar kita dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, disamping menerapkan protokol kesehatan dengan ketat

Namun ada satu tantangan baru yang menjadikan penanganan Covid-19 sedikit terganggu, yaitu dengan perkembangan media dan keterbukaan informasi menyebabkan beberapa informasi seputar Covid-19 dan vaksinasi yang tidak tepat dimunculkan oleh pihak yang tidak berkompeten dibidangnya, dan beberapa dari masyarakat kita mempercayainya.

Sebagai orang beragama semua urusan kehidupan kita harus berdasarkan Al-Quran dan Hadist.

Dalam Al-Quran surat An-Nahl ayat 43 dan Al-Anbiya ayat 7, Allah memerintah kita bertanyalah kepada orang yang berilmu, apabila kita tidak mengetahuinya.

Seputar vaksinasi Covid -19

Sebagian besar dari kita mungkin bertanya apakah vaksinasi sama dengan imunisasi. Secara prinsip, vaksinasi dan imunisasi memiliki perbedaan.

Vaksinasi adalah kondisi tubuh untuk mendapatkan suntikan vaksin atau oral dengan tujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam menangkal penyakit.

Imunisasi adalah proses tubuh dalam membentuk antibodi agar kebal terhadap penyakit. Imunisasi terdiri dari imunisasi aktif dan pasif sedangkan vaksinasi merupakan imunisasi aktif.

Saat ini ada beberapa jenis vaksin Covid-19 yang ada diantaranya Sinovac, Astrazeneca, Sinopharm , Moderna, Pfizer BioNTech dan Novavax. ( Bersambung )

Sumber:
1. Webinar PAPDI
2. Kemenkes RI

Penulis adalah:
1. Staff Medis Fungsional Ilmu Penyakit Dalam di RSUD Lubuk Basung
2. Dokter praktek di klinik spesialis Putri Manggopoh

(Editor: Harmen/Khasman)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *