Bupati Agam Buka Pendidikan Surau Karang Taruna Nagari Geragahan

  • Bagikan

Geragahan, AMC – Karang Taruna Nagari Geragahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, menggelar pendidikan surau, di Mesjid Nurul Hidayah, Jorong Taratak Jorong III Geragahan, Jumat, (30/4).

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM itu bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda yang islami.

Pantauan AMC di lokasi, kegiatan pendidikan surau itu juga dihadiri oleh niniak mamak dan tokoh masayarat se-Nagari Geragahan.

Kegiatan diawali dengan shalat Jumat berjamaah di Mesjid Nurul Hidayah.

Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM dalam sambutannya mengatakan kegiatan pendidikan surau yang digiatkan Karang Taruna Nagari Geragahan sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Agam.

“Memang pendidikan yang semacam ini akan kita gelorakan di setiap nagari,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyampaikan pesan membangkitkan kembali program tahfidz di setiap nagari. Selain itu, pihaknya juga tengah merancang konsep kampung Inggris.

“Pemkab Agam juga berkomitmen memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi dan kurang mampu,” ucapnya.

Bupati berharap, kegiatan pendidikan surau tidak hanya menjadi kegiatan serimonial. Akan tetapi, kehidupan surau hendaknya mengakar di kehidupan masyarakat, khususnya kaum muda.

Sementara itu, Ketua Panitia Pendidikan Surau, Johan Utoyo mengatakan, kegiatan ini digelar bertujuan untuk membina pemuda dan pemudi agar berkepribadian, berakhlakul karimah, bertaqwa kepada Allah SWT dan beradat.

“Intinya dari kegiatan ini yaitu membentuk karakter pemuda dan pemudi agar memiliki asas adat basandi syara, syara basandi kitabullah,” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan pendidikan surau bakal digelar selama 3 hari dan diikuti oleh sebanyak 40 orang peserta yang merupakan utusan dari setiap jorong.

“Kegiatan ini dimulai dari 30 April sampai 2 Mei. Selain itu, peserta harus menginap disana sampai penutupan acara,” sebutnya. (Depit)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *