Sambut Ramadhan 1442 H, Pemnag Pasia Laweh Gelar Musabaqah Bagi Guru Mengaji

  • Bagikan

Pasia Laweh, AMC – Pemerintah Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, bakal menggelar musabaqah bagi guru mengaji, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 hijriah.

Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arfin kepada AMCnews.co.id, Kamis (18/2) mengatakan, kegiatan ini akan diikuti sebanyak 72 guru mengaji, dari 17 TPQ/SQ/MDA yang tersebar di delapan jorong di nagari itu.

Menurutnya, tema yang diangkat pada musabaqah ini adalah “menjunjung tinggi nilai Al-Quran dalam meneladani guru menuju nagari maju yang madani”.

“Kegiatan perdana ini digelar di los pasar Palupuah yang dijadikan sebagai mimbar utama, dengan waktu pelaksanaan 3 dan 4 April 2021,” ujarnya.

Dikatakannya, dari 72 guru mengaji yang akan mengikuti musabaqah, dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu tingkat remaja, dewasa dan lansia, masing-masingnya putra putri.

“Jika biasanya yang tampil adalah santri, tapi sekarang ditampilkan adalah guru mengaji, bahkan mereka sudah siap untuk mengikuti musabaqah ini,” sebut Zul Arfin.

Menurutnya, ini akan menjadi motivasi bagi anak ke depan dalam belajar mengaji. Selain menyambut bulan Ramadhan, kegiatan ini sekaligus untuk persiapan MTQ tingkat Agam, yang rencananya Palupuah akan jadi tuan rumah.

“Pada musabaqah guru mengaji ini total hadiah yang kita sediakan sebesar Rp 10 juta,” imbuhnya.

Zul Arfin menjelaskan, sebelum musabaqah dimulai, guru mengaji akan mengikuti pawai taaruf menurut TPQ masing-masing, yang diiringi tambua tansa dan dikia rabano.

Sebagai acara tambahan, ulasnya, juga dilaksanakan lomba fashion show baju muslim antar remaja masjid, diiringi irama gambus, rebana dan kasidah yang ditampilkan grup sanggar seni kasidah Pasia Laweh.

“Kemudian kita juga gelar pameran foto kegiatan nagari madani dari setiap jorong, untuk menyemarakkan musabaqah ini,” tukasnya. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *