Pemnag Koto Malintang dan Dasawisma Bersihkan Sampah Plastik di Jorong Rambai

  • Bagikan

Koto Malintang, AMC – Pemerintah Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, bersama Dasawisma menggelar gotong royong pembersihan lingkungan terutama dari sampah plastik, di Jorong Rambai, Selasa (3/11).

Selain bersama Dasawisma Anggrek Putih, pemerintah nagari juga merangkul anak sekolah, kelompok tani, nelayan dan lainnya untuk melaksanakan kegiatan yang bertemakan “Jaga Bumi” ini, dengan jumlah sekitar 80 orang.

Wali Nagari Koto Malintang, Nazirudin Dt Palimo Tuo menyebutkan, gotong royong diawali di sekitar sekolah, permukiman dan dilanjutkan ke tepian Danau Maninjau.

Dikatakannya, setiap sampah terutama sampah plastik dipungut dan dimasukkan ke tong sampah, untuk diantar ke tempat pembuangan sampah atau kontainer di tapian Talao Danau Maninjau menggunakan becak motor.

“Di Danau Maninjau juga dilakukan pembersihan sampah baik sampah yang dihasilkan sedimen KJA, maupun sampah rumah tangga,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, ia mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan, termasuk Danau Maninjau yang saat ini dalam kondisi tercemar.

Ia minta masyarakat melakukan apa yang bisa dikerjakan untuk menjaga lingkungan, salah satunya dengan membersihkan lingkungan dari sampah terutama sampah plastik.

“Tentu hal ini diawali dari lingkungan tempat tinggal yang berlanjut ke nagari, kita juga akan melaksanakan kegiatan ini di seluruh jorong,” sebut Nazirudin.

Sementara itu, Wakil Ketua Dasawisma, Cicita Tretomi mengatakan, melaksanakan kegiatan ini Dasawisma mengawalinya dari rumah sendiri, dan sekarang dilaksanakan berbaur dengan masyarakat, mulai dari kalangan anak sekolah, kelompok tani, nelayanan dan lainnya.

“Gotong royong berakhir di Talao tepatnya di tapian Danau Maninjau, di sini kita juga mengeluarkan eceng gondok dari perairan danau, di samping pembersihan sampah plastik yang menjadi prioritas utama dalam kegiatan ini,” pungkasnya. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *