Digagas KPGH Pemuda Sungai Batang Gelar Goro Pembersihan Jalan

  • Bagikan

Sungai Batang, AMC – Puluhan pemuda Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, gelar gotong royong pembersihan jalan di nagari itu, Rabu (28/10).

Akses jalan yang digorokan mulai dari Tapian Muaro Pauah, Ikua Ladang hingga Taluak dengan panjang sekitar 1 kilometer. Jalan itu merupakan akses menuju Museum Buya Hamka dan jalan penghubung ke Nagari Tanjuang Sani.

Kegiatan ini digagas oleh Komunitas Pemuda Generasi Hamka (KPGH) Nagari Sungai Batang, yang merupakan organisasi pemuda bergerak di bidang sosial di bawah binaan Camat Tanjung Raya, Handria Asmi.

“Goro ini sudah kali kedua, yang telah dimulai Rabu pekan kemarin dan rencananya juga bakal dilanjutkan Rabu pekan depan,” ujar Koordinator KPGH Sungai Batang, Rudi Yudistira kepada AMC.

Ia mengatakan, kondisi jalan yang dibersihkan itu memang agak sempit, jika rumput sudah tinggi akan mengganggu kepada pengguna jalan, sehingga sudah perlu dilakukan pembersihan.

“Pembersihan jalan diikuti sekitar 15 sampai 20 orang pemuda yang sangat antusias mengikuti kegiatan sosial ini,” sebutnya.

Di ruas jalan yang dibersihkan itu, kata Rudi, juga terdapat titik rawan kecelakaan dan longsor, tepatnya di tikungan ikua ladang. Selain kondisinya yang berada di tanjakan, jalan juga sedikit amblas bahkan sudah memakan korban.

“Korban terakhir akibat kondisi jalan itu adalah siswa SMPN 1 Tanjung Raya, yang sebelumnya mobil pick up L300 juga ikut jadi korban,” terangnya.

Ke depan, ulasnya, jalan amblas itu akan dilakukan pengecoran dan jalan menuju Pustu serta SDN 31 Batuang Panjang.

Menurutnya, kegiatan ini digelar di samping menciptakan lingkungan bersih, juga bentuk dari semangat pemuda khususnya di Nagari Batang, pada momentum Hari Sumpah Pemuda ke-92. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *