Menu

DPUTR Agam Buka Program Sambungan Jaringan PDAM Gratis

  Dibaca : 42 kali
DPUTR Agam Buka Program Sambungan Jaringan PDAM Gratis

Lubuk Basung, AMC – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Agam, membuka program pemasangan sambungan jaringan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Kabid Cipta Karya DPUTR Agam, Irman, kepada AMC di ruangan kerjanya, Selasa (18/8) menyebutkan, pendaftarannya sudah dibuka sejak sebulan lalu di DPUTR Agam dan Kantor PDAM Tirta Antokan, hingga kini pendaftarnya sudah mencapai 600 orang.

“Kuota pemasangan sebanyak 647 sambungan rumah, dengan anggaran Rp1,9 miliar bersumber dari DAK yang diusulkan pada 2019 lalu,” ujarnya.

Kegiatan ini, katanya, masih dalam tahap tender dan diperkirakannya September 2020 pemasangan sudah dapat dilaksanakan, dengan catatan di kawasan yang akan dipasangkan sambungan sudah ada jaringan pipa PDAM.

“Rumah dipasangkan sambungan adalah bagi rumah yang dihuni, maka sebelum pemasangan dimulai kita akan melakukan survei lapangan sesuai alamat yang didaftarkan,” imbuhnya.

Kasi Air Bersih, Yusdi Gafar menambahkan, rumah yang akan dipasangkan sambungan tidak terlalu jauh dari pipa PDAM, karena ini akan menyedot biaya mengingat kuota yang terbatas.

“Setelah pemasangan selesai dilaksanakan, data pemasangan baru ini akan didaftarkan kepada PDAM Tirta Antokan,” terangnya.

Menurutnya, ini program perdana di DPUTR Agam dan tahun depan akan dicoba lagi mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk wilayah berbeda. Tahun ini difokuskan di Nagari Lubuk Basung dan Garagahan.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Antokan, Endrimelson mengatakan, jika data pemasangan baru sudah diserahkan, pihaknya akan mendaftarkan dan dimasukkan kedalam sistem untuk dibuatkan rekening.

“Program ini membantu kita untuk upaya meningkatkan jumlah pelanggan yang kini sudah mencapai sekitar 13 ribu sambungan,” pungkasnya. (t_m)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional