Pemnag Pasia Laweh Bagikan 44.600 Batang Bibit Gratis

  • Bagikan

Pasia Laweh, AMC – Pemerintah Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, mulai salurkan 44.600 batang bibit tanaman gratis kepada masyarakat nagari itu, Sabtu,(8/8).

Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arfin Dt.Parpatiah menyebutkan, dari jumlah bibit tanaman super itu tersedia lima jenis yaitu jengkol, petani, alpukat, durian montong, dan bayur yang bersumber dari bantuan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Agam Kuantan, sesuai proposal yang diajukan pemerintah nagari sebelumnya.

“Bibit didistribusikan kepada masyarakat melalui 65 KTH berbasis kaum, 7 keltan muda, mahasiswa yang tergabung Himnapala dan 54 Kelompok Wanita Tani (KWT) pemula per dasawisma,” ujarnya.

Menurutnya, pembagian bibit gratis ini sebagai upaya mewujudkan kedaulatan pangan nagari dan menjaga kelestarian hutan serta lingkungan hidup.

“Kita berharap bibit ini betul-betul ditanam oleh masyarakat dan tidak membiarkan lahannya kosong, sehingga nanti akan menjadi sumber peningkatan perekonomian disamping melindungi hutan,” jelasnya.

Ditambahkan, apabila bibit ini ditanam, maka pada tahun 2021 pihaknya akan kembali berupaya menyediakan bibitĀ  cassiavera atau kulit manis sebanyak 100.000 batang dan 10.000 batang bibit pisang.

“Syaratnya bibit yang dibagikan hari ini ditanam, untuk memastikan bibit betul-betul ditanam, nanti tim akan melakukan peninjauan lapangan,” terangnya. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *