Masjid Agung Nurul Falah Lubuk Basung Sembelih 7 Ekor Sapi

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Masjid Agung Nurul Falah Lubuk Basung, Kabupaten Agam, bakal menyembelih sebanyak 7 ekor sapi pada Idul Adha 1441 Hijriyah.

Pengurus Masjid Agung Nurul Falah, H.Isman Imran, Kamis, (30/7) menyebutkan, penyembelihan akan dilaksanakan Sabtu, (1/8) pagi, sekitar pukul 07.00 WIB di komplek masjid tersebut, sedang pendistribusian daging qurban mulai dilakukan pukul 14.00 WIB sampai 17.00 WIB.

“Penyembelihan sengaja dilaksanakan sehari setelah shalat Idul Adha 1441 H, mengingat keterbatasan waktu karena bertepatan hari Jum’at,” ujarnya.

Dengan begitu, katanya, penyembelihan dilaksanakan esok harinya, supaya ada waktu yang panjang untuk bekerja, sehingga pelaksanaan qurban dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Menurut Isman Imran, jumlah hewan qurban tahun ini menurun dibanding tahun lalu yang sebanyak 8 ekor sapi, artinya 7 peserta qurban berkurang dari 2019.

“Mengantisipasi bertebarannya sampah, Insyaallah, kita dari pengurus masjid menyediakan bahan ramah lingkungan dalam mendistribusikan daging,” jelasnya.

Ditambahkan, setelah penyembelihan selesai peserta qurban, panitia qurban, pelaksana qurban serta pengurus masjid akan memasak dan makan bersama di Masjid Agung Nurul Falah.

“Budaya seperti ini setiap tahun kita laksanakan sebagai upaya untuk mempererat silaturahmi antar sesama,” imbuhnya.

Menyikapi kondisi saat ini, dalam pelaksanaan qurban di Masjid Agung Nurul Falah tetap memperhatikan prokol kesehatan dan hanya mengundang peserta qurban dan panitia, supaya tidak terjadi kerumunan. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *