Hari Ibu Momen Pergerakan Kaum Perempuan dalam Perjuangan Bangsa

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri memimpin upacara peringatan Hari Ibu ke-91 di halaman Kantor Bupati Agam, Kamis (19/12).

Membacakan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Indra Catri mengatakan, Hari Ibu sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan, serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

“Sehingga perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar, bahwa mereka mempunyai akses dan kesempatan yang sama dengan laki-laki,” kata bupati.

Dengan demikian, diharapkan Peringatan Hari Ibu sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, serta pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

Sehingga memberikan keyakinan yang besar, bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya. Serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak dan sekaligus agen perubahan.

Tema PHI ke-91 diangkat adalah “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Tema dibangun dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia, yang masih mengalami kekerasan, perlakukan diskriminatif dan lainnya.

“Kondisi ini memerlukan berbagai strategi, perlibatan semua unsur masyarakat dan multistakeholder. Termasuk peran laki-laki dalam menggerakkan pencegahan kekerasan dan pencapaian kesetaraan gender,” sebut Indra Catri saat menyampaikan amanat Menteri PP dan PA.

Untuk itu, Menteri PP dan PA menuturkan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak dan tujuh organisasi perempuan yang telah mendukung terselenggaranya PHI ke-91. Semoga PHI tahun ini dapat mendorong tercapainya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam aspek kehidupan. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *