Tingkatkan Kapasitas, Puluhan Operasional dan Pengawas BUMNag Agam Diberi Pelatihan

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Sebanyak 70 operasional dan pengawas Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) se-Kabupaten Agam mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas dan SDM.

Kegiatan yang berlangsung 18 sampai 19 Oktober 2019 itu dibuka resmi oleh Asisten 1 Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Rahman, di Hotel Pusako Bukittinggi, Jum’at (18/10). Turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Agam, Teddy Martha.

Teddy Martha mengatakan, dalam pelatihan kapasitas pengurus BUMDes/BUMNag, para peserta dilatih tentang tata cara pengelolaan, sistem, hingga kegiatan dan cara memilih pangsa pasar produk yang dikeluarkan.

Selain itu, para pengurus juga dilatih tata cara pengelolaan mulai dari pembentukan dan perencanaan hingga pelaksanaan.

“Pelatihan ini juga diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan tentang BUMNag. Memfasilitasi nagari dalam pendirian dan pengembangan BUMNag sebagai lembaga ekonomi nagari, juga menambah pengetahuan pelaksana operasional BUMNag guna pengembangan unit usaha,” ulasnya.

Jelas Teddy, saat ini masih ada nagari di Kabupaten Agam yang belum memiliki BUMNag. Tercatat, dari 82 nagari di Agam, sekitar 73 nagari yang baru memiliki BUMNag.

“Dari jumlah itu, 39 nagari sudah aktif BUMNag. Bagi yang belum aktif, saat ini masih dalam proses persiapan kelembagaan dan penyertaan modal. Untuk itu perlu dilakukan peningkatan kapasitas unsur pengawas BUMnag agar menajalankan tupoksinya lebih efektif lagi,” pungkas Teddy. (AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *