Menu

Satu Tahun Nagari Persiapan, Surabayo Gelar Festival Lagu Minang

  Dibaca : 290 kali
Satu Tahun Nagari Persiapan, Surabayo Gelar Festival Lagu Minang

AMCnews.co.id — Sebanyak 90 peserta mengikuti Surabayo Pop Minang Festival, dalam rangka satu tahun Nagari Persiapan Surabayo Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, di kantor Nagari Persiapan Surabayo, Minggu (29/9).

Wali Nagari Persiapan Surabayo, Indranova mengatakan, festival terbuka untuk umum dengan dua kategori yaitu kategori anak-anak usia 15 tahun ke bawah dan kategori dewasa usia 16 tahun ke atas. Menjadi lagu wajib dalam festival ini adalah lagu yang dipopulerkan oleh Maria Kusuma dengan judul Luhak Agam.

“Kemudian untuk lagu pilihan kategori anak-anak yakni, Agam Manyamai, Aia Mato Mandeh, Lalambek Pulang dan Taisak Tangih di Batu Gadang,” ujarnya.

Sedangkan untuk kategori dewasa putra lagu pilihannya yakni, Dek Marekan, Ranah Lubuak Basuang, Balam Pamutuih Tali dan Nasib Mandeh. Kemudian untuk kategori dewasa putri yakni Rilakan Nan Tamakan, Guguak Manyambah, Salah Manimbang dan Cinto Apo Adonyo.

“Kegiatan ini terbagi dua babak yaitu penyisihan dan final. Di babak penyisihan peserta menyanyikan satu lagu pilihan dan final satu lagu pilihan dan satu lagu wajib,” jelasnya.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan sesuai syariat Islam dan adat Minangkabau, karena pesertanya wajib mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup. Apabila peserta tidak memenuhi aturan, maka panitia berhak menggugurkan peserta dan tidak bisa mengikuti kegitan ini.

Sementara itu, penilaian yang dilakukan seperti teknik vocal, kualitas vokal, harmoni, penjiwaan dan penampilan. Panitia akan menetapkan juara I, II dan III pada masing-masing kategori. Setiap pemenang diberikan tropi, piagam dan uang pembinaan.

Untuk kategori anak-anak uang pembinaan juara I Rp750 ribu, juara II Rp 600 ribu dan juara III Rp 500 ribu. Kategori dewasa putra dan putri juara I uang pembinaan Rp1 juta, juara II Rp750 ribu dan juara III 500 ribu. Masing-masing ditambah tropi dan piagam. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional