Menu

Konsumsi Ikan di Kabupaten Agam Naik Pada Tahun 2018

  Dibaca : 163 kali
Konsumsi Ikan di Kabupaten Agam Naik Pada Tahun 2018

AMCNews.co.id — Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Agam menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tahun 2019. Kegiatan itu dalam rangka meningkatkan kerjasama dan sinergisitas program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan.

Kegiatan itu dibuka langsung Ketua Forikan Agam, Ny. Vita Indra Catri, Kamis (7/2) di Aula Bupati Agam, Lubuk Basung. Turut dihadiri juga Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto, dan Kepala Bidang Peningkatan Daya Saing Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar.

Rapat Koordinasi Forikan membahas berbagai aspek masalah perikanan mulai dari pengaruh ikan bagi kesehatan, manfaat gizi mengkonsumsi ikan, sampai membudayakan makan ikan.

Ketua Forikan Agam, Ny. Vita Indra Catri, mengatakan usaha yang dilakukan Forikan Agam untuk meningkatkan kosumsi ikan berjalan cukup optimal secara bertahap melalui sosialisasi yang dilakukan kepada masyarakat secara berjenjang.

“Kita menggerakkan Forikan dari bawah secara berjenjang, yaitu tingkat kecamatan, nagari dan jorong,” ujarnya.

Menurutnya, hal jtu dilakukan dengan pemanfaatan mobil ATI dengan mensosialisasikan Gemarikan dan demo olahan ikan ke nagari-nagari.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Ermanto, menyebutkan, perkembangan Gemarikan sebagai ujung tombak peningkatan kosumsi ikan masyarakat yang dilaksanakan oleh Forikan Agam.

Berdasarkan data tahun 2016-2018, Kabupaten Agam mengalami peningkatan konsumsi ikan sebesar 3,93 kilogram perkapita pertahun.

“Tahun 2016 sebesar 32 kilogram/kapita naik menjadi 35,93 kilogram/kapita pada 2018,” ujarnya.

Menurutnya, nilai ini masih rendah dari capaian nasional yang sudah 40 kilogram/kapita pertahun. Padahal Agam memiliki potensi sumber ikan yang besar.

“Maka dari itu secara bertahap kita terus tingkatkan ajakan masyarakat makan ikan,” tukuknya. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional