Menu

Dukung Larangan Orgen di Malam Hari, Pemnag Lawang Ajak Masyarakat Main Musik Tradisional

  Dibaca : 269 kali
Dukung Larangan Orgen di Malam Hari, Pemnag Lawang Ajak Masyarakat Main Musik Tradisional

AMCNews.co.id — Pemerintah Nagari Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam mengajak masyarakat adakan kesenian tradisional pada malam hari.

“Dengan diadakan pementasan kesenian tradisional, selain masyarakat lekat dengan tradisinya juga terhindar dari pekat. Ini juga merupakan tindaklanjut larangan Bupati Agam pentas orgen tunggal lewat dari jam 6 sore,” kata Walinagari Matur melalui Ketua Parik Paga Nagari Rahman pada AMCNews.co.id, Senin (4/1).

Dikatakan, pihaknya juga akan mempertajam sosialisasi tentang larangan untuk menggelar pementasan orgen tunggal tersebut kepada masyarakat.

“Kami lebih setuju dengan diadakan pementasan kesenian tradisional pada malam hari. Karena kesenian tradisional lebih baik dilestarikan daripada musik keras tersebut,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut, saat ini katanya banyak potensi-potensi dari generasi penerus Nagari Lawang yang dapat dikembangkan melalui kesenian tradisional untuk dapat terhindar dari pekat yang lebih menjurus ke musik keras tersebut.

“Banyak potensi berkualitas di Nagari Lawang dapat dikembangkan seperti diantaranya, randai, tari piring, saluang kucapi, tari indang yang pelaku seninya dari anak nagari melalui sanggar-sanggar di nagari ini. Daripada pementasan orgen tunggal yang hanya mengundang keresahan masyarakat, ” ulasnya. (AMC07)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional